Selamat ! Prodi Statistika FMIPA UNTAD Terakreditasi B

PALU – Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 2604/SK/BAN-PT/SURV –BDG/S/VII/2018, program studi Statistika FMIPA memperoleh Akreditasi  B.

Meskipun hanya memiliki 7 formasi dosen aktif namun ketua prodi Statistika, Nur’Eni, S.Si, M.Si sangat bersyukur atas  capaian yang diperoleh “Alhamdulillah. Finally, statistika FMIPA UNTAD terakreditasi B walaupun hanya dengan formasi 7 dosen aktif”ungkapnya saat diwawancarai pada Kamis (20/09/18).

Pada awalnya prodi Statistika terbentuk hanya 9 mahasiswa. Kemudian tahun 2012, dengan adanya penambahan 16 kuota mahasiswa prodi Statistika mulai mengerjakan borang untuk persiapan akreditasi. Tahun 2014 prodi Statistika terakreditasi C, hal ini berlaku hingga tahun 2019 dan jumlah mahasiswa bertambah hingga 35 orang. Pada tahun 2015  dengan jumlah dosen yang sangat terbatas prodi Statistika mulai membuka 2 kelas untuk pertama kalinya dengan jumlah mahasiswa mencapai 70 orang.

Kemudian di tahun 2016 prodi Statistika mulai menggarap borang akreditasi karena mengingat jumlah peminat prodi ini semakin  bertambah hingga 90 mahasiswa.  Tahun 2017, visitasi borang akreditasi dilaksanakan dengan jumlah alumni hanya 8 orang, dosen 7 orang, dan mahasiswa baru lebih dari 100 orang. Namun hasil perolehan yang didapatkan prodi Statistika masih mendapatkan akreditasi C.

Tahun 2018, prodi Statistika kembali berjuang memperbaiki borang  dan mengusulkan banding ke BAN PT. Ketua Prodi Stastitika mengatakan ini merupakan akhir dari perjuangan prodi Statistika yang  mebuahkan hasil, dengan poin 314 prodi Statistika memperleh akreditasi B. Tahun ini prodi Statistika menerima sekitar 110 mahasiswa baru meski selama tahun terakhir jumlah dosen belum juga bertambah. “Alhamdulillah inilah hasil akhir yang kami dapatkan, akreditasi B dengan poin  314. Tahun ini kami sudah ketambahan sekitar 110 mahasiswa baru walaupun jumlah dosen sampai 5 tahun terakhir ini belum juga bertambah-tambah.” jelasnya.

Nur’Eni, S.Si, M.Si berharap dengan meningkatnya akreditasi, alumni Statistika dapat diterima bekerja di berbagai instansi. Selain itu prodi Statistika juga diharapkan dapat meningkat menjadi jurusan Statistika pertama  di kawasan Indonesia timur. Beliau juga menargetkan agar mahasiswa dapat lulus dalam jangka waktu perkuliahan 4 tahun dengan IPK di atas 3.0 . “harapannya alumni bisa diterima kerja di berbagai instansi baik negeri maupun swasta. Karena dengan akreditasi B tersebut kedepannya prodi Statistika meningkat menjadi jurusan Statistika pertama di Indonesia Timur  dan mahasiswa ditargetkab bisa lulus rata-rata 4 tahun dengan IPK 3.0.”

Beliau juga tidak lupa mengucapkan terimasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan atas peningkatan prestasi yang telah diraih. “terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah bekerja keras dan banyak membantu kami. Semangat, semoga prodi Statist ika semakin jaya, maju terus” ungkapnya.

(Uci/FMIPA UNTAD)

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *