PHYSIC SIENCE COMPETITION DAN LOMBA ROKET AIR

Mahasiswa Fisika Gelar Physic Sience Competition Dan Lomba Roket Air Di Pekan Raya Fisika (PRF)

Dalam memperingati HUT HIMAFI yang jatuh pada tanggal 06 Oktober 2016, Mahasiswa Fisika menyelanggarakan berbagai kegiatan di Pekan Raya Fisika (PRF). PRF merupakan agenda rutin yang diadakan oleh HIMAFI setiap tahunnya dan ini adalah kali keempat HIMAFI mengadakan PRF. Pekan Raya Fisika dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA dan dihadiri oleh seluruh peserta Physic Sience Competition, peserta Lomba Roket Air, dan perwakilan Himpunan Mahasiswa Jurusan se-UKF MIPA UNTAD.

Hujan yang mengguyur beberapa waktu ini tidak menyulutkan semangat  para perserta lomba, mereka terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian baik itu peserta Physic Sience Competition maupun Lomba Roket Air. Total peserta Pekan Raya Fisika adalah 240 Orang yang terdiri dari 150 Orang peserta Physic Sience Competition dan 90 Orang peserta Lomba Roket Air.

img_1664bbb    img_20161010_115935ccc

Dalam pembuatan soal dan teknis penilaian Physic Sience Competition pihak Panitia Tim Lomba bekerja sama dengan para dosen dan mahasiswa Fisika tingkat akhir. Dalam Babak Penyisihan Physic Sience Competition dilaksanakan di Auditorium UNTAD, kemudian Semi Final dilaksanakan di Aula FMIPA, dan Final dari Physic Sience Competition dilaksanakan di Jurusan Fisika FMIPA UNTAD.  Untuk Juri dalam penilaian Lomba Roket Air terdiri dari beberapa Dosen Fisika, dan Mahasiswa Fisika sedangkan kegiatan Lomba  Roket Air dilaksanakan di Lapangan Universitas Tadulako.

Pemenang Physic Sience Competition tingkat SMA adalah Mudzakkir Nur Awal dari SMA Al-Azhar Palu, Juara 2 Muhammad Cikal Merdeka dari SMA Al-Azhar, dan Juara 3 Faizal Nawawi dari SMA Al-Azhar Palu. Sedangkan untuk pemenang tingkat SMP adalah Ida Bagus Putra Manuasa dari SMPN 1 Palu, disusul oleh Juara 2 yaitu Muhammad Rizky Sya’ban dari SMP Al-Azhar Palu, dan Juara 3 Vicram Setiawan dari SMP Al-Azhar Palu.

Untuk pemenang Lomba Roket Air tingkat SMP berasal dari Tim MTS Muhammadiyah Al-Haq (Muhammad Riza dan Anjar S.B), juara 2 dari Tim MTS Muhammadiyah Al-Haq (Andi Ridwan dan Rezza. P), dan Juara 3 dari Tim SMPN 9 Palu (Siska Kartika Putri, Muh Qadarul Haq Madi, dan Febri Adhy Ray Saputra). sedangkan tingkat SD dimenangkan oleh Tim MIT An-Nur BUUTS (Dareean Ahmad Raffi Mardin, Syakilah Ilham, dan Syarif Yamani), disusul juara 2 TIM SD An-Nur BUUTS (Syahrul Ramadhan, Saldi, dan Fadel) dan Juara 3 TIM SD An-Nur BUUTS (Muhammad Zafwan, Ahmad Mukhsin, dan Muhammad Jibril).

Selaku Ketua Panitia, Indra Oktora berharap segala tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai agar Jurusan Fisika FMIPA dapat dikenal luas oleh masyarakat Sulawesi Tengah, meningkatkan minat Siswa dan Mahasiswa terhadap Ilmu Fisika, serta memberikan Kompetensi yang kompeten kepada seluruh siswa SD hingga SMA . selain itu Indra berharap agar tahun depan HIMAFI mampu mengembangkan kegiatan yang lain pada Pekan Raya Fisika.

“Harapan kami dari kegiatan ini agar segala tujuan kegiatan dapat tercapai, Jurusan Fisika dapat dikenal luas oleh masyarakat khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah, meningkatkan minat Siswa dan Mahasiswa terhadap Ilmu Fisika, dan memberikan Kompetensi yang kompeten kepada seluruh siswa SD, SMP, dan SMA. kami juga berharap agar tahun depan bukan hanya kegiatan ini yang dapat dilaksanakan, kami berharap banyak kegiatan lain yang di adakan di Pekan Raya Fisika” Ujar Indra.

Posted by Suci Rohmawati
Fmipa Untad

 

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *