“Mahasiswa Kimia dan Biologi Lolos Pendanaan Lomba Riset Sawit Tingkat Mahasiswa 2023-2024”

Fmipa Univ. Tadulako [28/11/2023] – Tim riset mahasiswa FMIPA Universitas Tadulako berhasil Lolos dalam pendanaan Proposal Lomba Riset Sawit Mahasiswa Tingkat Nasional tahun 2023-2024 yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit. Ketua tim, Mohammad Lutfi  (Prodi Kimia), bersama anggota tim, yakni Fadila Azzahra (Prodi Kimia), Felix Kristanto Pomuruh (Prodi Kimia), Gemaliany Pulo (Prodi Kimia), dan Hizra Nur Ramadina (Prodi Biologi) dibimbing langsung oleh bapak Dr Syamsudin, M.Si.

Tim riset ini mengusung tema penelitian terkait pangan dan kesehatan dengan judul proposal “TABIS (Tahu Bis): Inovasi Tahu Kaya Protein Berbahan Limbah Bungkil Inti Sawit (Elaeis Guineensis Jacq).” Melalui riset ini, mereka berhasil menciptakan inovasi tahu yang kaya protein menggunakan limbah bungkil inti sawit.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan prestasi bagi tim riset, tetapi juga memberikan kontribusi positif pada pengembangan industri kelapa sawit di Indonesia. “Dengan adanya kegiatan ini, inovasi-inovasi yang dihasilkan akan sangat membantu perindustrian kelapa sawit yang ada di Indonesia,” ujar Mohammad Lutfi, ketua tim.

Dalam wawancara, Mohammad Lutfi menyampaikan harapannya, “Saya berharap hasil riset kami dapat berdampak pada masyarakat luas. Kegiatan seperti ini sebaiknya terus ada, sehingga ide-ide mahasiswa dapat tersalurkan dengan benar.”

Tim berbagi tips untuk lolos dalam proposal, “Cari solusi dari permasalahan yang ada saat ini. Berangkat dari permasalahan harga kedelai yang mahal, kami menciptakan riset ini.”

Proposal ini merupakan satu diantara 40 proposal yang lolos untuk didanai dan satu-satunya dari Univ Tadulako (https://www.bpdp.or.id/). Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa Fmipa mampu bersaing dalam kompetisi tingkat nasional dan menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki peran penting dalam pengembangan riset berkelanjutan dan memberikan harapan bagi industri kelapa sawit di masa depan. Semoga capaian ini akan diiikuti kesuksesan dalam melaksanakan penelitian hingga menghasilkan luaran seperti yang diharapkan.

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *