18 Tim PKM Mahasiswa FMIPA UNTAD berpartisipasi dalam kegiatan Penutupan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKP2) Tahun 2023

Dalam rangka mendukung mahasiswa untuk menjadi kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan KEMDIKBUD menyelenggarakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) skema pendanaan Tahun 2023. Sebanyak 5.102 judul proposal PKM yang didanai melakukan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKP2) secara daring pada tanggal 16-27 Oktober 2023. Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 18 tim PKM dari FMIPA UNTAD telah melaporkan kemajuan kegiatan penelitiannya pada kegiatan PKP2. PKP2 dilakukan dengan cara penyampaian kinerja kegiatan oleh Tim Pelaksana PKM, dengan menunjukkan bukti-bukti terkait, untuk selanjutnya dilakukan diskusi atau klarifikasi hasil kegiatan.

Salah satu tim PKM-KC (Karsa Cipta) dari Fmipa yang mengusung tema tentang Energi Terbarukan dengan judul: “AquaGen: Sel Cerdas Pembangkit Listrik dari Gelombang Laut berbasis Mikrokontroler” telah menyelesaikan tahap PKP2 ini. Beranggotakan Ayu Anggarani Lokha Sarwi, Wahidah, Alfi Syahrin Suarno, dari Prodi Fisika dan dibawah bimbingan Bp Agung Danu Wijaya M.Si., Tim ini mampu merealisasikan prototipe yang telah disesuaikan dengan kondisi ombak laut Sulawesi Tengah yang memiliki ketinggian 0 – 0,5 m. Prototipe dibuat dengan menerapkan prinsip induksi magnetik Faraday dengan kontrol mikrokontroler untuk mengubah energi laut menjadi listrik.

Memiliki motivasi untuk menciptakan sebuah alat konversi energi gelombang laut yang tenang menjadi energi listrik sekaligus mengurangi dampak penggunaan energi konvensional yang berbahaya bagi lingkungan. Karya AguaGen ini telah ditampilkan pada kegiatan PKP2 dihadapan dewan juri, dan didokumentasikan di sosial media berikut:

Instagram: https://www.instagram.com/pkmkc.aquagen

YouTube: https://youtube.com/@PKM-KCAquaGen

Hasil PKP2 akan menjadi salah satu dasar pemberian rekomendasi dan penetapan Tim Pelaksana PKM yang akan diundang mengikuti PIMNAS. Semoga bersama dengan tim PKM lain dari Fmipa dan Untad, mereka mampu berprestasi lebih tinggi di tingkat national dan Internasional.

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *