Mengenal Muliana H, S.Si. Wisudawati Sarjana Terbaik FMIPA Untad Periode 114

Pada hari Senin (24/10/2022), telah berlangsung Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka wisuda lulusan Doktor, Magister, Profesi, Sarjana, dan Diploma ke 114 Universitas Tadulako di Lapangan Upacara. Upacara wisuda tersebut diikuti oleh 1.310 alumni dari seluruh fakultas dan pasca sarjana yang dilaksanakan dalam dua sesi (pagi dan siang). Pada periode kali ini, sebanyak 107 alumni FMIPA dari 7 prodi telah diwisuda sebagai sarjana sesuai bidang keahlian/prodi masing-masing.

Selamat kepada Muliana H, S.Si. (G 301 18 054) yang pada upacara wisuda Universitas Tadulako ke 114 meraih predikat Wisudawati terbaik tingkat FMIPA Untad. Selama menyelesaikan studi di Prodi/Jurusan Kimia Muli menyelesaikan tugas akhir di bawah bimbingan Dr. Ruslan, S.Si., M.Si. dan Jaya Hardi, S.Si., M.Si. serta Prismawiryanti, S.Si, M.Si. sebagai dosen wali Muli. Dengan Karya ilmiah berjudul ” Pengaruh Variasi Konsentrasi Katalis CaO Cangkang Kerang Meti (Batissa Violacea L.Von Lamarack, 1818) Pada Pembuatan Biodiesel Berbasis Minyak Biji Kelor”.

“Jadi penelitian saya tentang pembuatan Biodiesel dengan memanfaatkan minyak kelor yang ada di Palu dengan menggunakan katalis cangkang kerang meti yang mengandung banyak CaO yang bisa di jadikan sebagai katalis.” Jelas Muli.

Muli mampu menuntaskan Studinya dalam waktu 3 Tahun, 10 Bulan dan 13 Hari dengan IPK: 3,83 dan predikat lulus “Pujian/Cumlaude”.

Pada saat wawancara, Muli menjelaskan motivasinya hingga ia memperoleh predikat Wisudawati terbaik yaitu untuk membanggakan kedua orangtua dan juga orang-orang disekitarnya. Muli juga merupakan salah satu mahasiswi FMIPA yang turut aktif dalam kelembagaan yang ada di FMIPA. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persekutuan Mahasiswa Kristen (PRISMA) Sains FMIPA UNTAD pada tahun 2021. Hal ini merupakan salah satu contoh bahwa organisasi bukanlah hambatan dalam mencapai prestasi akademik.

Menyeimbangkan kuliah dengan segala kesibukan dan tetap menyediakan waktu untuk belajar agar grafik IPK tidak menurun merupakan salah satu langkah yang dilakukan Muli agar mencapai predikat cumlaude tersebut.

Hasil dari perjuangan Muli tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, terutama keluarga.  “Buat teman-teman yang ada di FMIPA Untad jangan pernah menyerah untuk berjuang, karena siapapun kamu sekarang, dari mana kamu berasal atau dari latar belakang keluarga yang bagaimana tidak akan menghalangi kamu untuk meraih mimpi kamu, dan itu semua tidak akan menentukan siapa kamu di masa depan tetap keputusan yang kamu ambil sekarang akan menentukan siapa kamu 5 tahun ke depan. Tetap semangat dan jangan lupa bersyukur” ujarnya.

Semoga alumni FMIPA mampu menjawab harapan dan tantangan kedepan dengan tetap berprestasi ketika berkarya di masyarakat. Rektor juga berpesan pada alumni untuk tetap semangat bekerja keras, karena mereka tetap berkontrubusi dengan cara itu, untuk meningkatkan Akreditasi Prodi asalnya dan Universitas Tadulako.

Selamat kepada Wisudawati Terbaik tingkat FMIPA, Selamat kepada seluruh Wisudawan/wisudawati FMIPA, Selamat kepada semua Koordinator Prodi dan seluruh Dosen FMIPA.

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *