Memotivasi Dosen tulis publikasi ilmiah, FMIPA UNTAD gelar The 2nd Webinar

FMIPANEWS. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tadulako menyelenggarakan The 2nd Webinar dengan topik “Produktif Menulis Publikasi Ilmiah” pada Senin, 04 Juni 2020. Kegiatan webinar ini diikuti oleh 161 peserta yang berasal dari berbagai fakultas di Universitas Tadulako.

Dalam pembukaannya Dekan Fakultas MIPA, Ir. Darmawati Darwis, S.Si.,M.Si.,Ph.D menyampaikan “Kita juga tau prestasi beliau menulis di jurnal terindeks scopus sampai 48 artikel dalm setahun. Semoga ilmu yang beliau share ke kita semua dapat diaplikasikan yang akan meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi kita. Yang tentu saja harapannya akan langsung berkontribusi dalam mempercepat kenaikan pangkat dan jabatan fungsional para dosen di Untad dan di lingkungan FMIPA khususnya,”

Narasumber yang dihadirkan pada kesempatan ini  ialah Prof Dahlang Tahir SSi MSi PhD yang merupakan guru besar Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar. Prof Dahlang Tahir menjelaskan mengenai  terkait pentingnya produktifitas dalam menghasilkan karya ilmiah meski dalam masa pandemi seperti ini. Prof. Dahlang Tahir juga memberikan beberapa saran kepada peserta webinar agar karya ilmiah tersebut dapat diterima pada jurnal yang memiliki reputasi.

 “Walaupun data yang digunakan dalam tulisan bukanlah sesuatu yang menggunakan metode baru tetapi dengan cara menulis atau menyatakan ada sesuatu yang spesifik maka tulisan akan diterima oleh publisher. Setiap jurnal juga memiliki struktur menulis yang berbeda, sehingga harus mengikuti template dari  jurnal yang dituju,” jelas Prof Dahlang.

Selaku ketua panitia, Sandra, S.Si.,MT mengatakan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk memberi memotivasi para dosen Universitas tadulako umumnya untuk menulis publikasi pada jurnal internasional yang bereputasi.  “Tujuan kegiatan ini adalah memacu para dosen MIPA khususnya dan Untad umumnya untuk rajin dan terbiasa atau termotivasi dalam menulis publikasi pada jurnal internasional yang bereputasi sebagai bagian dari tridarma Perguruan tinggi,” ungkapnya.

Sertifikat juga diberikan kepada seluruh panitia, peserta, serta Narasumber sebagai bentuk apresiasi dari FMIPA UNTAD kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan webinar ini. Sertifikat ini diharapkan dapat berguna sebagai bukti bahwa mereka telah mengikuti The 2nd Webinar FMIPA. (Uci/FMIPA).

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *