Home
Program Studi

Program Studi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam memiliki 6 program studi antara lain :

Fisika merupakan salah satu ilmu dasar yang secara esensial dibutuhkan untuk memahami dan menguasai ilmu-ilmu dasar lain, ilmu-ilmu terapan, serta selanjutnya untuk mengembangkan teknologi. Posisi dan status fisika yang sangat strategis tersebut menuntut para fisikawan untuk selalu mengembangkan, menerapkan, dan sekaligus memasyarakatkan ilmu fisika, agar dapat mendorong secara positif perkembangan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia ini. Bumi sebagai tempat hidup manusia dan berbagai makhluk lain, bagi kelestariannya, semakin menuntut tingginya efisiensi terhadap pemanfaatan energi dalam semua macam perwujudannya. Energi merupakan besaran fisika yang secara mutlak sangat dibutuhkan bagi terwujudnya kelestarian kehidupan.Oleh sebab itu fisika dituntut untuk dapat meneliti, menemukan, mengembangkan, mengelola sumber-sumber energi.

Di samping itu segala macam kegiatan umat manusia (baik yang masih agraris maupun yang sudah industris) dan semua proses alamiah (baik yang menyangkut dinamika bumi maupun yang hayati) yang sebagian besar berhubungan erat dengan proses fisika, pengaturan, pengamanan, dan pengelolaannya agar tidak merusak dan tidak ada yang sia- sia atau mubazir, tetapi justru berdayaguna (efisien) dan berhasilguna (efektif) serta berdaya-bangun (konstruktif) bagi kelangsungan hidup semua umat, sebagian besar juga merupakan tanggung-jawab fisikawan. Sedemikian besar tuntutan umat manusia terhadap fisikawan, sedemikian rupa sehingga mau tidak mau Jurusan Fisika FMIPA diharapkan juga harus mampu ikut memikul sebagian porsi tanggung jawab yang global mendunia atau bahkan universal tersebut.Dalam hal ini, agar kontribusi Jurusan Fisika menjadi signifikan, sumbangan yang berupa pemikiran, penelitian, penemuannya diharapkan dapat menjadi bagian ujung tombak perkembangan fisika.

Jurusan Fisika FMIPA yang dibuka pada tahun 2001 dengan hanya beberapa tenaga pengajar dan beberapa mahasiswa, kemudian berkembang dengan pesat hingga terbentuk Laboratorium Fisika Dasar, Laboratorium Fisika Eksperimen, Laboratorium Fisika Teori dan Komputasi, Laboratorium Fisika Bumi dan Kelautan, serta Laboratorium Fisika Material-Energi, Laboratorium Fisika Instrumentasi dan Bengkel.

Berdasar Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, No.05/DIKTI/Kep/2001 tertanggal 9 Januari 2001, Jurusan Fisika menyelenggarakan satu Program Studi yaitu Program Studi Fisika. Program studi tersebut di atas sampai dengan saat ini menghasilkan lulusan/sarjana yang terserap dengan baik oleh masyarakat industri dan lembaga-lembaga penelitian dan pendidikan, baik negeri maupun swasta.

Setelah melalui penilaian yang dilaksanakan Badan Akreditasi Nasional terhadap Program Studi Fisika, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memutuskan bahwa program studi fisika mendapatkan akreditasi B.

A. VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi
Jurusan/Program Studi Fisika sebagai salah satu lembaga penyelenggara pendidikan di lingkungan Universitas Tadulako mempunyai visi yaitu:
“Jurusan Fisika FMIPA UNTAD Terdepan Dalam Pengabdian Berbasis Sains”. Visi Jurusan/program studi sejalan dengan visi universitas Tadulako yaitu: Pada tahun 2020 Universitas Tadulako unggul dalam Pengabdian kepada Masyarakat melalui pengembangan pendidikan dan penelitian.

Misi
Untuk mencapai visi, maka Jurusan/Program Studi Fisika mempunyai misi sebagai berikut:

  1. Menciptakan lulusan yang kreatif, inovatif dan kompetitif serta mampu mengamalkan prinsip-prinsip IMTAQ.
  2. Mengembangkan sains fisika berbasis sumber daya alam untuk pengabdian pada masyarakat.

Tujuan 
Untuk mencapai Visi, Misi dan Sasaran Jurusan/Program Studi Fisika, maka tujuanJurusan/Program Studi Fisika adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu fisika yang bermutu.
  2. Mengembangkan dan mengevaluasi kurikulum sesuai kebutuhan masyarakat dan kemajuan iptek.
  3. Menumbuhkan suasana akademik yang kondusif.
  4. Meningkatkan kegiatan riset unggulan sebagai basis kegiatan pengabdian masyarakat.
  5. Menumbuhkembangkan fungsi pelayanan ilmu fisika dalam rangka mendukung upaya pengelolaan manusia bersumberdaya.

Sasaran 
Sedangkan sasaran Jurusan/Program Studi Fisika adalah:

  1. Mencetak lulusan dengan bekal ilmu fisika yang mantap dan mampu beradaptasi dengan perkembangan sains dan teknologi mutakhir.
  2. Mencetak lulusan yang mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan suatu penelitian yang berwawasan IPTEK dan sejalan dengan kebutuhan pembangunan.

Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Dalam hal tertentu prodi fisika telah berhasil melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Namun disadari masih banyak lagi yang perlu ditingkatkan. Untuk mempertahankan bahkan meningkatkan mutu itu telah dilakukan pengendalian mutu di bidang SDM, proses belajar mengajar, dan hasil pendidikan atau kualitas lulusan. Peningkatan SDM dilakukan baik untuk dosen maupun pegawai melalui studi lanjut, pelatihan, workshop, kursus, seminar dan kegiatan ilmiah lainnya. Saat ini, dari 23 dosen, yang telah menyelesaikan studi S3 berjumlah 6 orang, yang sedang menempuh studi S3 berjumlah 6 orang, S2 berjumlah 3 orang dan 18 orang di antaranya sudah mendapat sertifikat pendidik, dan 1 dosen dalam proses sertifikasi serta 3 dosen tetap Non PNS.

B. KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi lulusan yang ingin dibentuk dengan menggunakan kurikulum ini, disusun berdasarkan ciri-ciri yang esensial dari ilmu Fisika dan ciri-ciri seorang Fisikawan yang menggeluti ilmu Fisika.

Beberapa di antara ciri-ciri itu adalah: Fisika mencakup aktivitas-aktivitas pengamatan, pemahaman dan peramalan atau prediksi terhadap gejala-gejala alam. Aktivitas-aktivitas ini diwujudkan dalam bentuk aktivitas-aktivitas ilmiah para fisikawan yang bersifat teoritik, eksperimental dan aplikatif. Dalam aktivitasnya yang bersifat teoretik, eksperimental maupun aplikatif, seorang fisikawan memanfaatkan bantuan ilmu Matematika dan keterampilan komputasi. Fisika merupakan ilmu empiris sehingga tidak bias lepas dari keterampilan melakukan eksperimen. Di samping itu karena fisika mempelajari gejala-gejala alam yang sangat mendasar, misalnya partikel elementer penyusun segala materi dan jagad raya, maka tidak bisa lepas juga dari kemampuan berpikir secara filosofis yang tersusun dan terjabarkan dalam bahasa matematis. Sebagai tambahan, dengan melakukan berbagai aktivitas di bidang ilmu Fisika akan membawa manfaat dalam pengembangan pribadi seseorang, misalnya dapat membangun kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berpikir logis dan analitis serta kemampuan untuk mandiri.

Berdasarkan ciri-ciri esensial ilmu Fisika dan para Fisikawan yang menggelutinya, disusunlah kompetensi lulusan sarjana (S1) Fisika FMIPA yang diharapkan dapat dicapai melalui pelaksanaan kuliah berdasarkan kurikulum 2012 prodi Fisika FMIPA, sebagai berikut:

Aspek Pengetahuan dan Pemahaman
Memahami dan mengetahui konsep-konsep yang mendasari Fisika Klasik yang meliputi pemahaman berbagai aspek Mekanika, berbagai aspek sistem banyak partikel, dan berbagai aspek interaksi dasar (Gravitasi dan Elektromagnetika).

  1. Memahami dan mengetahui konsep-konsep yang mendasari Fisika Modern, yang meliputi teori relativitas dan konsep fisika kuantum.
  2. Memahami dan mengetahui penggunaan konsep-konsep Fisika Klasik dan Fisika Modern pada berbagai tingkatan sistem, mulai dari sistem partikel elementer, sistem material kompleks, hingga sistem makroskopik alam semesta.
  3. Memahami dan mengetahui berbagai eksperimen dasar dan beberapa eksperimen lanjut dalam ilmu Fisika.
  4. Memahami dan mengetahui berbagai cabang ilmu matematika yang dibutuhkan dalam penguasaan berbagai cabang ilmu Fisika, termasuk penggunaan metode numerik dan pemrograman.
  5. Memahami dan mengetahui beberapa konsep-konsep mutakhir Fisika Modern dan/atau aplikasi Fisika pada bidang Ilmu-ilmu Kebumian dan Kelautan.

Aspek Keterampilan Berfikir Intelektual

  1. Terampil mengidentifikasikan suatu permasalahan Fisika dinyatakan dalam konsep- konsep Fisika.
  2. Terampil membuat dugaan/hipotesis terhadap suatu permasalahan Fisika.
  3. Terampil merencanakan dan merancang eksperimen dalam bidang fisika dan menyimpulkan hasil ekseperimen tersebut.
  4. Terampil merumuskan aplikasi ilmu fisika untuk menyelesaikan masalah-masalah alam dan masalah dalam kehidupan manusia baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Aspek Keterampilan Praktek

  1. Terampil dalam melakukan observasi terhadap gejala-gejala alam.
  2. Terampil dalam melakukan eksperimen fisika pada tingkat dasar maupun pada tingkat lanjut beserta analisanya.
  3. Terampil dalam menggunakan matematika dalam menjabarkan berbagai gejala-gejala fisika.
  4. Terampil dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 

Aspek Kemampuan Manajerial

  1. Memiliki kemampuan untuk mempresentasikan, mengkomunikasikan dan memberikan argumentasi pada suatu konsep/ide terkait dengan bidang ilmu Fisika, dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris.
  2. Memiliki kemampuan untuk bekerja mandiri maupun bekerjasama dalam suatu tim kerja/tim riset.
  3. Memiliki kemampuan untuk mengawasi dan mengarahkan suatu praktikum/eksperimen bidang ilmu Fisika.

Aspek Sikap

  1. Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.
  2. Memiliki sikap empati, menghormati dan menghargai sesama manusia.
  3. Memiliki sikap yang pro terhadap keseimbangan lingkungan dan alam sekitarnya.

C. FASILITAS

Laboratorium Fisika Dasar
Unit Layanan Fisika Dasar melayani Praktikum Fisika Dasar untuk mahasiswa semester I dan II Jurusan Fisika dan mahasiswa dari luar Jurusan Fisika, baik dari FMIPA maupun dari luar FMIPA dilingkungan Universitas Tadulako. Dharma Pendidikan dan Pengajaran dilaksanakan dengan praktikum mandiri (open ended) dan praktikum kolektif. Praktikum open ended dilaksanakan dengan cara mahasiswa menyiapkan alat, melakukan eksperimen dan analisisnya secara mandiri, sedangkan topik praktikum diberikan oleh pembimbing.

Praktikum reguler dilaksanakan secara kolektif, dilaksanakan sesuai jadwal dan di bimbing oleh asisten dan dosen. Praktikum model ini diikuti oleh 600 mahasiswa di semester I dan 80 mahasiswa disemester II, yang tergabung dalam kelompok praktikum Fisika Dasar bagi mahasiswa selain jurusan fisika. Saat ini, Praktikum Fisika Dasar diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas.Fakultas tersebut adalah Peternakan, Pertanian, Kehutanan, Ilmu-Ilmu Kesehatan dan MIPA jurusan Biologi, Kimia, Prodi Farmasi.
Praktikum semi open-ended, merupakan praktikum reguler dengan penekanan pada kemandirian peserta.Praktikum model ini dievaluasi dengan test awal, praktikum, jurnal, laporan dan responsi. Praktikum fisika dasar untuk jurusan fisika menggunakan carasemi open ended.
Unit Layanan Fisika Dasar juga memberikan workshop tentang praktikum Fisika Dasar dan teori ralat kepada siswa SMU dan dosen dari perguruan tinggi swasta. Unit ini juga memproduksi buku panduan praktikum dan hand outs Fisika Dasar.

Laboratorium Fisika Lanjutan
Laboratorium Fisika untuk matakuliah lanjutan dikhususkan pada kegiatan praktikum mahasiswa diatas semester 3 prodi Fisika FMIPA. Laboraratorium tersebut masing-masing dipimpin oleh Ketua Unit yang bertanggung jawab pada seluruh peralatan dan kegiatan laboratorium. Laboratorium lanjutan tersebut adalah Laboratorium Fisika Eksperimen, Laboratorium Fisika Bumi dan Kelautan, Laboratorium Teori dan Komputasi, Laboratorium Fisika Elektronika, Laboratorium Fisika Material Energi.

Laboratorium Fisika lanjutan ini digunakan untuk mendukung seluruh kegiatan praktikum, penelitian mahasiswa dan penelitian dosen. Selain itu, alat-alat ukur seperti dilaboratorium Fisika Bumi dan Kelautan selalu digunakan oleh tim peneliti dari berbagai lembaga untuk melakukan pengukuran lapangan seperti seismic, geolistrik, geomagnet, arus laut, dan lain-lain.

website : Jurusan Fisika

Program Studi Sarjana Matematika, PS Matematika, pertama kali menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2003/2004, berdasarkan SK pembukaan Program Studi Matematika di Universitas Tadulako dengan Nomor 700/D/T/2003 tertanggal 7 Mei. Dalam perjalanan pengelolaan PS Matematika terus berkembang dan dapat dikenal luas di masyarakat Sulawesi Tengah khususnya dan Indonesia umumnya. Sebagai hasil pengakuan alumni PS Matematika dapat diserap pada berbagai lapangan pekerjaan dan menekuni berbagai profesi seperti di BPS, Bank, Bursa Saham, Instansi keuangan (analis kredit, konsultan keuangan), Dinas Pendidikan (guru), Perguruan Tinggi (dosen), PT. Telkomsel dan PT. Indosat sebagai tenaga ICT. Atas dasar tersebut kinerja PS Matematika mendapat pengakuan dari BAN-PT dengan akreditasi B berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 002/BAN-PT/Ak-XII/S1/IV/2009, tertanggal 02 April 2009. Sistem tatakelola PS Matematika dan pengembanganya tidak hanya berbasis pada visi, misi, dan tujuan universitas dan fakultas tetapi juga visi, misi dan tujuan yang dimilikinya. Mulai tahun 2012 Jurusan Matematika mengembangkan dengan PS Matematika, dan PS Statistika.

A. VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi
“Pada tahun 2022 PS Matematika FMIPA UNTAD unggul secara regional, nasionaldan/atau internasional dalam penelitian secara keilmuan matematika dan aplikasinya untuk penguatan dan pewujudan pengabdian pada masyarakat”.

Misi
PS Matematika FMIPA UNTAD mempunyai empat misi, yaitu:

  1. Mengembangkan, menjalankan dan menjaga kesinambungan PS Matematika FMIPA UNTAD untuk unggul dalam Tri Darma Perguruan Tinggi melalui inovasi-inovasi baru yang relevan dalam pembelajaran matematika.
  2. Menyelenggarakan sistem pendidikan matematika untuk menghasilkan lulusan yang kuat dalam IMTAQ, profesional dan mandiri dalam keilmuan matematika dan terapannya serta mempunyai wawasan yang holistik dan mampu beradaptasi terhadap perubahan IPTEK serta pasar kerja regional, nasional, dan/atau internasional.
  3. Menumbuhkan, mengembangkan, dan menjalankan budaya penelitian di kelompok-kelompok bidang keahlian matematika guna meningkatkan karya keilmuan, penerapan serta multidisiplin yang diakui secara regional, nasional dan/atau internasional.
  4. Menumbuhkan, mengembangkan, dan menjalankan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak termasuk masyarakat dan pemerintah baik regional, nasional, dan/atau internasional dalam penelitian keilmuan matematika dan penerapannya.

Tujuan
Tujuan PS Matematika FMIPA UNTAD adalah: Menyelenggarakan sistem pendidikan matematika yang menghasilkan lulusan unggul secara regional, nasional dan/atau internasional di bidang keilmuan matematika dan penerapannya, pasar kerja dan dapat memanfaatkan peluang usaha.

  1. Menghasilkan sarjana matematika yang kuat dalam IMTAQ dan adaptif terhadap perkembangan IPTEK, mampu melanjutkan studi pada bidang matematika maupun bidang lain yang terkait, literate dalam ICT, mempunyai komitmen, kepercayaan diri, kematangan emosi dan etos kerja tinggi..
  2. Mengembangkan objek kajian keilmuan matematika dan penerapannya secara berkesinambungan hingga mencapai pengakuan secara regional, nasional dan/atau internasional.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia, peralatan, sarana dan prasarana guna terwujudnya pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi menuju hasil karya yang diakui secara regional, nasional dan/atau internasional.
  4. Menumbuhkan, memperbanyak dan memperbaiki mutukerjasama dengan intitusi domestik, nasional maupun internasional untuk menopang peningkatan kualitas SDM di PS Matematika UNTAD.

B. KOMPETENSI LULUSAN

Keahlian Kerja

  1. Mampu menguasai konsep pemikiran matematis yang diawali dari pemahaman prosedural/komputasi hingga pemahaman yang luas meliputi eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi, dan bukti formal.
  2. Mampu mengamati, mengenali, merumuskan dan memecahkan masalah melalui pendekatan matematis dengan atau tanpa bantuan piranti lunak.
  3. Mampu merekonstruksi, memodifikasi, menganalisis /berpikir secara terstruktur terhadap permasalahan matematis dari suatu sistem/masalah, mengkaji keakuratan dan menginterpretasikannya.
  4. Mampu memanfaatkan berbagai alternatif pemecahan masalah matematis yang telah tersedia secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat.
  5. Mampu beradaptasi atau mengembangkan diri, baik dalam bidang matematika maupun bidang lainnya yang relevan (termasuk bidang dalam dunia kerjanya).
  6. Mampu merancang, melakukan dan menyelesaikan penelitian secara mandiri atau kelompok pada bidang matematika maupun yang terkait dengan bidang ilmu lainnya melalui eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi, formulasi, analisis, dan bukti formaldengan atau tanpa bantuan piranti lunak.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematika diskret, aljabar, analisis dan geometri, serta teori peluang dan statistika.
  2. Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik.
  3. Menguasai konsep umum bidang khusus matematika meliputi matematika biologi dan lingkungan, kriptografi, dan teori graf.

Kemampuan Manajerial

  1. Bertanggungjawab dengan melakukan analisis dan pemecahan masalah pada berbagai bidang keilmuan dan terapan matematika, khususnya kemampuan analisis masalah industri, pemodelan sistem dinamik, kriptografi.
  2. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya di bawah tanggungjawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan teknologi yang meliputi formulasi, analisis, dan pemecahan masalah menggunakan rumusan matematika untuk menghasilkan prosedur strategis pengembangan organisasi.

Kemampuan Umum

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik serta anti KKN (korupsi, kolusi, nepotisme) di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

C. FASILITAS

Program Studi Matematika memiliki Kelompok Bidang Keahlian (KBK), yaitu:

  • KBK Analisis
  • KBK Aljabar dan Kombinatorika
  • KBK Matematika Terapan
  • KBK Statistika

Dalam melaksanakan penelitian Program Studi Matematika dilengkapi dengan :

  1. Laboratorium Komputer Dasar, dilengkapi dengan ruang ber AC dan 30 unit komputer pentium 4 dan dual core.
  2. Laboratorium Matematika Terapan, dilengkapi dengan ruang ber AC dan 5 unit komputer generasi terbaru dual core.
  3. Laboratorium Statistik, dilengkapi dengan ruang ber AC dan 30 unit komputer pentium 4 dan dual core.
  4. Ruang Baca, dilengkapi dengan ruang ber AC dan 2 unit komputer yang dilengkapi dengan berbagai e-book, skripsi, tesis, disertasi dan jurnal online.
  5. Selain fasilitas tersebut, di lingkungan PS Matematika FMIPA UNTAD juga dilengkapi dengan Wifi dapat diakses secara gratis yang terlebih dahulu harus memiliki account.

website : Jurusan Matematika

Program Studi S1 Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tadulako terselenggara berdasarkan izin Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) Nomor 685/D/T/2004 Tanggal 18 Februari 2004.Saat ini, Program Studi S1 Kimia telah mendapatkan akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Program Studi S1 Kimia ini dibuka guna turut secara menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di bidang kimia. Hal ini didasari oleh kenyataan bahwa potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah dan beraneka ragam di Kawasan Timur Indonesia (KTI) belum diolah secara optimal, sehingga kebutuhan akan tenaga sarjana sains bidang kimia mutlak diperlukan untuk meningkatkan nilai tambah SDA yang dimiliki KTI, khususnya yang ada di wilayah Sulawesi Tengah.

Program Studi S1 Kimia mempunyai bidang keilmuan, yaitu: Kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Fisik, Kimia Analitik, dan Biokimia, ditambah satu bidang pengembangan ilmu kimia yang bersifat multidisipliner, yakni Kimia Lingkungan.

A. VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi
Mewujudkan program studi kimia yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif dalam memberdayakan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang kimia yang bermutu, modern dan mengikuti perkembangan iptek.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu kimia yang dapat diterapkan dalam memberdayakan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai pemanfaatan hasil penelitian bidang kimia yang dibutuhkan dalam pembangunan nasional dan dunia.

Tujuan
Program Studi S1 Kimia diselenggarakan dengan tujuan untuk menghasilkan sarjana sains yang berkarakter dan mempuyai kompetensi di bidang kimia, baik dalam keilmuan maupun dalam penerapannya secara profesional dan inovatif.

B. KOMPETENSI LULUSAN

Lulusan Program Studi S1 Kimia diharapkan mempunyai kompetensi yang:

  1. Mampu melakukan identifikasi, analisis, dan pengembangan pemecahan masalah yang berkaitan dengan ilmu kimia dan terapannya.
  2. Mampu mengimplementasikan ilmu kimia dalam menunjang penelitian yang berkaitan dengan pengembangan keilmuan dan terapan kimia.
  3. Mampu menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dalam bidang kimia yang berbasis sumber daya alam.
  4. Mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

C. FASILITAS

Dalam menjalankan misinya, Jurusan Kimia FMIPA UNTAD dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang cukup memadai, antara lain:

Sarana perkuliahan
Sarana perkuliahan dikelola oleh Sub Bagian Akademik FMIPA UNTAD. Setiap ruangan mempunyai fasilitas white board, dan LCD. Jurusan kimia juga mempunyai kantor Jurusan, ruang baca, perpustakaan fakutas dan Universitas serta ruang sidang sarjana yang dilengkapi berbagai fasilitas.

Laboratorium
Ruangan laboratorium yang ada di Jurusan/Prodi S1 Kimia adalah:

  • Laboratorium Kimia Fisik dan Kimia Anorganik
  • Laboratorium Kimia Analitik
  • Laboratorium Biokimia dan Kimia Organik
  • Laboratorium Penelitian

Laboratorium tersebut dilengkapi dengan berbagai alat gelas, magnetik stirer, oven digital, timbangan analitik, , refrigerator dan freeze, melting point apparatus, Rotavapor, oven analitik dan tanur. Laboratorium Kimia juga dilengkapi dengan istrumentasi seperti AAS (Atomic Absortion Spectrometer), Centrifuge, Turbidimeter, pH-meter, Spektrofotometer UV-Vis, Bomb Calorimeter, FTIR, HPLC, Spectronic-20, Ekstraktor Kejhdal, Destilator, dan Freeze Dryer.
website : Jurusan Kimia

Jurusan Biologi adalah salah satu Jurusan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Sejak diterbitkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 3743/D/T/2006 tentang izin operasional Jurusan Biologi FMIPA UNTAD, tertanggal: 28 September 2006. Mulai Bulan September 2009 Prodi Biologi resmi menjadi Jurusan Biologi yang disahkan dengan SK Rektor Universitas Tadulako Nomor 4031/H28/KP/2009.

A. VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi
Menjadikan Jurusan Biologi FMIPA UNTAD sebagai lembaga yang Unggul dalam pendidikan, penelitian dan pegembangan Keanekaragaman Hayati, Biologi Lingkungan, Bioteknologi dan Biomedis yang Berbasis Potensi Sumberdaya Alam Hayati Lokal, Guna menghasilkan lulusan yang Berkepribadian Tangguh (mereka memiliki kemampuan dan keterampilan tinggi, menguasai bidang kerjanya, luwes dalam pergaulan, cerdas, dapat dipercaya dan bertanggungjawab serta Mantap Imannya) dalam menghadapi persaingan global.

Misi
Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dalam biosains, bioteknologi dan biolingkungan.

Tujuan
Berdasarkan visi dan misi di atas, maka secara khusus tujuan pendidikan Jurusan Biologi FMIPA UNTAD adalah:

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan biologi yang menghasilkan kualitas lulusan yang kompetitif bertaraf nasional dan internasional.
  2. Memperbaiki kualitas Jurusan biologi secara berkesinambungan hingga mencapai standar internasional.
  3. Memperbanyak dan memperbaiki mutu dan kerjasama dengan berbagai institusi baik nasional maupun internasional.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia, peralatan, sarana prasarana guna mendukung pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.

B. KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi lulusan yang ingin dibentuk dengan menggunakan kurikulum ini, disusun berdasarkan ciri-ciri yang esensial dari ilmu Biologi dan ciri-ciri seorang Biologiwan yang menggeluti ilmu Biologi.

Beberapa di antara ciri-ciri itu adalah: Biologi mencakup aktivitas-aktivitas pengamatan, pemahaman dan peramalan atau prediksi terhadap gejala-gejala alam. Aktivitas-aktivitas ini diwujudkan dalam bentuk aktivitas-aktivitas ilmiah para biologiwan yang bersifat teoritik, eksperimental dan aplikatif.Dalam aktivitasnya yang bersifat teoretik, eksperimental maupun aplikatif, seorang biologiwan memanfaatkan bantuan ilmu Matematika dan keterampilan komputasi.Biologi merupakan ilmu empiris sehingga tidak bias lepas dari keterampilan melakukan eksperimen. Di samping itu karena biologi mempelajari gejala-gejala alam yang sangat mendasar, misalnya dari tingkatan organisasi tingkat molekul sampai pada tingkatan organisasi tingkat bioma, maka tidak bisa lepas juga dari kemampuan berpikir secara filosofis yang tersusun dan terjabarkan dalam bahasa matematis.Sebagai tambahan, dengan melakukan berbagai aktivitas di bidang ilmu Biologiakan membawa manfaat dalam pengembangan pribadi seseorang, misalnya dapat membangun kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berpikir logis dan analitis serta kemampuan untuk mandiri.

Berdasarkan ciri-ciri esensial ilmu Biologi dan para Biologiwan yang menggelutinya, disusunlah kompetensi lulusan sarjana (S1) Biologi FMIPA yang diharapkan dapat dicapai melalui pelaksanaan kuliah berdasarkan kurikulum 2012 Jurusan Biologi FMIPA, sebagai berikut:

Aspek Pengetahuan dan Pemahaman

  1. Memahami dan mengetahui konsep-konsep yang mendasari Biologi Modern yang meliputi pemahaman berbagai aspek kehidupan dari tingkatan molekul sampai dengan tingkatan Bioma.
  2. Memahami dan mengetahui konsep-konsep yang mendasari Biologi Modern, yang meliputi teori relativitas dan konsep Biologi.
  3. Memahami dan mengetahui penggunaan konsep-konsep Biologi dan Permasalahannya pada berbagai tingkatan sistem, mulai dari sistem Molekul, sel, organ, sistem organ, jaringan, individu, populasi, Komunitas, Ekosistem, dan Bioma.
  4. Memahami dan mengetahui berbagai eksperimen dasar dan beberapa eksperimen lanjut dalam ilmu Biologi.
  5. Memahami dan mengetahui berbagai cabang ilmu kimia dan farmasi yang dibutuhkan dalam penguasaan berbagai cabang ilmu Biologi.
  6. Memahami dan mengetahui beberapa konsep-konsep mutakhir Biologi Modern dan/atau aplikasi Biologi pada bidang Ilmu Peternakan, pertanian, kedokteran, pangan dan bidang kesehatan.

Aspek Keterampilan Berfikir Intelektual

  1. Terampil mengidentifikasikan suatu permasalahan Biologi dinyatakan dalam konsep-konsep Biologi.
  2. Terampil membuat dugaan/hipotesis terhadap suatu permasalahan Biologi.
  3. Terampil merencanakan dan merancang eksperimen dalam bidang Biologi dan menyimpulkan hasil ekseperimen tersebut.
  4. Terampil merumuskan aplikasi ilmu Biologi untuk menyelesaikan masalah-masalah alam dan masalah dalam kehidupan manusia baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Aspek Keterampilan Praktek

  1. Terampil dalam melakukan observasi terhadap gejala-gejala alam.
  2. Terampil dalam melakukan eksperimen Biologi pada tingkat dasar maupun pada tingkat lanjut beserta analisanya.
  3. Terampil dalam menggunakan matematika dalam menjabarkan berbagai gejala- gejala Biologi.
  4. Terampil dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Aspek Kemampuan Manajerial

  1. Memiliki kemampuan untuk mempresentasikan, mengkomunikasikan dan memberikan argumentasi pada suatu konsep/ide terkait dengan bidang ilmu Biologi dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris.
  2. Memiliki kemampuan untuk bekerja mandiri maupun bekerjasama dalam suatu tim kerja/tim riset.
  3. Memiliki kemampuan untuk mengawasi dan mengarahkan suatu praktikum/eksperimen bidang ilmu Biologi.

Aspek Sikap

  1. Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.
  2. Memiliki sikap empati, menghormati dan menghargai sesama manusia.
  3. Memiliki sikap yang pro terhadap keseimbangan lingkungan dan alam sekitarnya.

C. FASILITAS

Sumber dana untuk pengelolaan Jurusan beserta aktivitas proses belajar-mengajar didanai oleh dana operasional yang bersumber dari universitas yang dikelola oleh fakultas. Fakultas telah mengalokasikan gedung yang ada di fakultas kepada masing- masing Jurusan yang ada di masing-masing jurusan. Gedung yang ada termasuk ruangan kuliah, laboratorium, ruang baca, dan perpustakaan fakultas.

Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pengelolaan Jurusan saat ini dikembangkan sistim informasi dalam bentuk LAN (local areal networking) atau on- campus connectivity devices beserta web UNTAD dan penyempurnaan jaringan internet (global connectivity devices) dalam lingkungan UNTAD. Sarana komunikasi ini dimaksudkan untuk menciptakan kinerja yang efisien dan efektif untuk menyebarluaskan informasi kepada seluruh civitas akademika. Selain itu, untuk membantu dosen dan mahasiswa dalam mengakses informasi dan kebutuhan lainnya dalam rangka peningkatan kompetensi keilmuanya. Dalam upaya peningkatan daya saing lulusan, Jurusan Biologi menerapkan kurikulum yang mewajibkan mahasiswa mengambil mata kuliah Komputer.

Teknologi informasi di lingkungan Jurusan telah dimanfaatkan seefisien mungkin sesuai dengan ketersediaan perangkat yang ada. Dosen telah memanfaatkan fasilitas internet untuk memperkaya dan memutahirkan materi perkuliahan. Dosen juga telah memberikan situs yang mendukung materi kuliah untuk diakses sendiri oleh mahasiswa.

Laboratorium Biologi Dasar
Unit Layanan Biologi Dasar melayani Praktikum BiologiUmum untuk mahasiswa semester I dan II Jurusan Biologi dan mahasiswa dari luar Jurusan Biologi, baik dari FMIPA maupun dari luar FMIPA dilingkungan Universitas Tadulako.

Tri Dharma Pendidikan dan Pengajaran dilaksanakan dengan praktikum mandiri (open ended) dan praktikum kolektif. Praktikum open ended dilaksanakan dengan cara mahasiswa menyiapkan alat, melakukan eksperimen dan analisisnya secara mandiri, sedangkan topik praktikum diberikan oleh pembimbing.

Praktikum reguler dilaksanakan secara kolektif, dilaksanakan sesuai jadwal dan di bimbing oleh asisten dan dosen. Praktikum model ini diikuti oleh mahasiswa di semester I dan mahasiswa disemester II, yang tergabung dalam kelompok praktikum BiologiUmum bagi mahasiswa selain Jurusan Biologi. Saat ini, Praktikum BiologiUmum diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan dan prodi, yaitu Ilmu-Ilmu Kesehatan,Fisika, Kimia, Prodi Farmasi dan jurusan Biologi.

Praktikum semi open-ended, merupakan praktikum reguler dengan penekanan pada kemandirian peserta.Praktikum model ini dievaluasi dengan test awal, praktikum, jurnal, laporan dan responsi.Unit Layanan Biologi Dasar juga memberikan workshop tentang praktikum Biologi. Unit ini juga memproduksi buku panduan praktikum dan hand outs Biologi Umum.

Laboratorium Biologi Lanjutan
Laboratorium ini untuk matakuliah lanjutan dikhususkan pada kegiatan praktikum mahasiswa diatas semester 3 Jurusan Biologi FMIPA. Laboraratorium tersebut masing-masing dipimpin oleh Ketua Unit yang bertanggung jawab pada seluruh peralatan dan kegiatan laboratorium.Laboratorium lanjutan tersebut adalah Laboratorium Bioteknologi, Biologi Lingkungan, Biodiversity, dan Laboratorium Biomedik.Laboratorium Biologi lanjutan ini digunakan untuk mendukung seluruh kegiatan praktikum, penelitian mahasiswa dan penelitian dosen.

website : Jurusan Biologi

Program Studi Farmasi diawali dengan Pembukaan Program Studi Strata Satu (S1) Farmasi pada Fakultas MIPA Universitas Tadulako melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Tadulako No.2494/H28/KP/2008. Penerimaan mahasiswa farmasi angkatan pertama terlaksana di tahun akademik 2009/2010, dengan Ibu Dra. Hj. Nurlina Ibrahim, Apt sebagai Ketua Program Studi Farmasi untuk masa penugasan 2009 – 2013. Tindak lanjut realisasi perwujudan program pengembangan Universitas dan Fakultas, Program Studi Farmasi Fakultas MIPA Universitas Tadulako (PS FARMASI FMIPA UNTAD) sejak tanggal 5 April 2011 sesuai dengan Surat Keputusan nomor: 67/E/O/2011, telah mendapatkan ijin operasional. Sebagai program studi baru, Program Studi Farmasi Universitas Tadulako secara struktural berada di bawah Fakultas MIPA.Untuk membantu mengembangkan fungsi institusinya, Program Studi Farmasi FMIPA Universitas Tadulako telah melakukan perjanjian kerjasama dengan Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin Makassar.

A. VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi
Tahun 2024 menjadi program studi yang unggul di kawasan timur Indonesia dalam penyelenggaraan pendidikan farmasi dan pengabdian masyarakat yang berbasis penelitian dan pengembangan obat bahan alam.

Misi

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan dan pengajaran yang bermutu dalam rangka menghasilkan lulusan yang kreatif, inovatif, dan adaptif sehingga mampu bersaing di kawasan timur Indonesia pada khususnya dan di tingkat nasional pada umumnya.
  2. Mengembangkan penelitian keilmuan dan produk farmasi bahan alam yang kompetitif melalui pemanfaatan sumber daya alam.
  3. Menerapkan ilmu farmasi, baik secara mandiri maupun kerjasama dengan disiplin ilmu lain dalam menyelesaikan masalah kesehatan dan lingkungan.
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta baik di dalam dan luar negeri meliputi pendidikan (pengajaran), penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan sarjana farmasi yang berkualitas sehingga mampu bersaing secara nasional dan internasional.
  2. Menghasilkan penelitian keilmuan dan produk farmasi yang bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
  3. Peningkatan profesionalisme tenaga pengajar dalam melakukan pengajaran dan penelitian farmasi yang berorientasi pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Peningkatan mutu dan jumlah kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta, baik dari dalam dan luar negeri yang menunjang kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis pendidikan dan penelitian kefarmasian.

B. FASILITAS

Bidang keahlian kefarmasian dikelola dan dikembangkan dalam laboratorium pengembangan ilmu yang terdiri atas:

Laboratorium Farmakognosi-Fitokimia
Bagian ini membahas tentang pengembangan dan pemanfaatan bahan alam sebagai sumber bahan obat.Oleh karena itu, pengembangannya perlu didukung oleh penguasaan ilmu kealaman dasar yang kuat khususnya morfologi dan sistematika tumbuhan, anatomi dan fisiologi tumbuhan, kimia organik, biokimia dan analisis kimia.

Pengembangan bidang farmakognosi ditekankan pada penemuan tumbuhan obat baru yang berkhasiat dan standardisasi simplisia bahan obat yang digunakan secara tradisional untuk dikembangkan menjadi fitofarmaka. Selanjutnya, bidang fitokimia mengembangkan penelitian mengenai kandungan senyawa kimia berkhasiat dalam tumbuhan, hewan dan mineral, termasuk biota laut, termasuk biosintesis, isolasi, pemurnian, identifikasi serta elusidasi struktur kimia dalam rangka memproduksi bahan baku obat.

Laboratorium Kimia Farmasi
Bagian ini mempelajari bahan obat dari aspek kimiawi senyawa yang meliputi sifat kimia, sifat fisis dan struktur yang berkaitan dengan aktivitas sebagai obat, dan sintesis kimia, serta analisis fisikakimia.Oleh sebab itu, pengembangan bidang ini memerlukan landasan yang kuat terutama kimia organik, kimia organik sintesis, kimia analisis, kimia fisika, serta farmakologi.

Secara garis besarnya, ruang lingkup pengembangan bidang ini dapat diidentifikasi menjadi 3 kelompok, yaitu (1) pengembangan senyawa yang berkhasiat obat, (2) proses analisis yang mencakup pemeriksaan dan pengawasan mutu obat, serta pengembangan metode analisis, dan (3) interaksi kimiawi antara obat dan tubuh manusia.

Laboratorium Farmasetika
Bagian ini mempelajari tentang ilmu resep, formulasi dan teknologi bentuk sediaan obat, serta penanganan dan pengendalian produk obat dan makanan/minuman.Jadi pada dasarnya laboratorium farmasetika meliputi pengembangan dan produksi obat dan makanan/minuman yang lebih berdayaguna dan tepat guna bagi pemeliharaan dan pemulihan kesehatan.

Formulasi obat mempelajari cara dan teknik formulasi mulai dari pemilihan bahan baku obat dan bahan pembantu dengan memperhatikan sifat fisika dan kimia, teknik pencampuran dan semua proses yang berkaitan dengan pembuatan sediaan, serta evaluasinya agar menghasilkan produk obat dalam sediaan yang efektif dan stabil selama penyimpanan. Teknologi bentuk sediaan mengacu pada Drug Delivery System yang memerlukan bentuk sediaan tertentu ditinjau dari segi kemanfaatan hayatinya (bioavailabilitas).

Laboratorium Farmakologi-Biofarmasi
Bagian ini mempelajari efek farmakologi dan toksikologi untuk tujuan pengkajian dan evaluasi ketepatan, keamanan, potensi dan kerasionalan penggunaan bahan alam, hasil sintesis, dan sediaan obat.Pengkajian efek farmakologi dan toksikologi meliputi penentuan parameter farmakodinamik, toksikologi, mekanisme aksi, farmakokinetik biofarmasetik, dan interaksi obat.

Laboratorium Mikrobiologi Farmasi
Bagian ini mempelajari aspek penting ilmu mikrobiologi yang terkait dengan bidang farmasi; pengertian dan prinsip metode klasifikasi, identifikasi mikroorganisme; karakteristik mikroorganisme; sifat pertumbuhan, mekanisme kerja mikroorganisme, resistensi zat-zat antimikroorganisme, mempelajari tentang ruang lingkup analisis mikrobiologi terutama berkaitan dengan aspek mutu sediaan farmasi dan makanan/minuman. Uraian tentang aspek metode pengujian mikrobiologi farmasi, analisis kuantitatif mikroorganisme yang berkaitan dengan farmasi, uji koefisien fenol, pengujian bahan baku dan pembantu obat, pengujian potensi antibiotik, pengujian sediaan obat tradisional, pengujian makanan dan minuman.

Website : Jurusan Farmasi

Program Studi S1 Statistika merupakan Program Studi baru di bawah Jurusan Matematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tadulako (UNTAD). Pada tahun 2009 Program Studi S1 Matematika mendapatkan akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional sehingga Jurusan Matematika mendirikan Program Studi Statistika pada tahun 2012.

A. VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi
Program Studi Statistik unggul secara regional, Nasional dan internasional dalam penelitian secara keilmuan Statistik dan aplikasinya untuk penguatan dan mewujudkan pengabdian kepada masyarakatpada tahun 2030.

Misi
Untuk mencapai visi di atas maka Program Studi Statistika FMIPA Universitas Tadulako mempunyai misi sebagai berikut :
Mengembangkan, menjalankan dan menjaga kesinambungan Program Studi Statistik FMIPA Untad untuk unggul dalam Tri Darma Perguruan Tinggi melalui inovasi-inovasi baru yang relevan dalam pembelajaran statistik.

Menyelenggarakan sistem pendidikan bidang Statistik untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan mandiri dalam keilmuan statistik dan terapannya serta mempunyai wawasan yang holistik dan mampu beradaptasi terhadap perubahan IPTEK.

Menumbuhkan, mengembangkan, dan menjalankan budaya penelitian di kelompok-kelompok bidang keahlian Statistik guna meningkatkan karya keilmuan, penerapan serta multidisiplin yang diakui secara regional, nasional dan/atau internasional.

Menumbuhkan, mengembangkan, dan menjalankan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak termasuk masyarakat dan pemerintah baik lokal, nasional, regional atau internasional dalam penelitian keilmuan dan penerapan Statistik.

Tujuan
Tujuan Program Studi Statistik, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Tadulako adalah:

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan statistik yang menghasilkan lulusan unggul di bidang keilmuan dan penerapannya, pasar kerja dan jeli memanfaatkan peluang usaha.
  2. Menghasilkan sarjana statistik yang adaptif terhadap perkembangan IPTEK, mampu melanjutkan studi pada bidang statistik maupun bidang lain yang terkait, literate dalam ICT, mempunyai komitmen, kepercayaan diri, kematangan emosi dan etos kerja tinggi.
  3. Mengembangkan objek kajian statistik dan penerapannya secara berkesinambungan hingga mencapai pengakuan secara regional, nasional dan/atau internasional.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia, peralatan, sarana prasarana guna mendukung pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi menuju hasil karya yang diakui secara nasional dan/atau internasional.
  5. Memperbanyak kerjasama dan memperbaiki mutu link dengan intitusi domestik, nasional maupun internasional untuk menopang peningkatan kualitas SDM di Program Studi Statistik.

B. FASILITAS

PS Statistik memiliki Kelompok Bidang Kajian (KBK), yaitu:

  • KBK Statistik Sosial dan Pemerintahan
  • KBK Statistik Bisnis dan Ekonomi
  • KBK Statistik Lingkungan, Kependudukan dan Kesehatan
  • KBK Statistika Komputasi

Dalam melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat PS Statistik dilengkapi dengan :

  • Laboratorium Komputer Dasar, dilengkapi dengan ruang ber AC dan 30 unit komputer pentium 4 dan dual core.
  • Laboratorium Statistik, dilengkapi dengan ruang ber AC dan 30 unit komputer pentium 4 dan dual core.
  • Ruang Baca, dilengkapi dengan ruang ber AC dan 2 unit komputer yang dilengkapi dengan berbagai e-book, skripsi, tesis, disertasi dan jurnal online.

Selain fasilitas tersebut, di lingkungan PS Statistik FMIPA UNTAD juga dilengkapi dengan Wifi dapat diakses secara gratis yang terlebih dahulu harus memiliki account.

website :

Leave a Comment

*

*