Home
Sejarah Fakultas

Sejarah Fakultas

Universitas Tadulako (UNTAD) merupakan bagian integral dari Departemen Pendidikan Nasional yang melaksanakan kegiatan pendidikan tinggi di Sulawesi Tengah. Kegiatan tersebut dimulai sejak tahun 1966 saat UNTAD masih berstatus cabang dari Universitas Hasanuddin (UNHAS). Sejalan dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, UNTAD terus mengembangkan diri dan hingga 2010 memiliki 7 Fakultas (27 Jurusan dan 46 Program Studi), Program Pascasarjana dan Program Studi Diploma. Ketujuh fakultas tersebut adalah Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ekonomi, Hukum, Pertanian, Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Kehutanan.

Fakultas-fakultas tersebut di atas memprogramkan berbagai mata kuliah wajib yang harus dilayani oleh tenaga-tenaga akademik yang memiliki latar belakang keilmuan matematika dan sains dasar (MIPA).

Sekilas Tentang Fakultas MIPA Universitas Tadulako

Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan penyelenggaraan kegiatan akademik bidang MIPA, sejak tahun ajaran 1992/1993, UNTAD telah melakukan penjaringan mahasiswa bidang MIPA berprestasi guna mengikuti pendidikan strata sate (S1) MIPA di ITB, UGM, IPB dan UNHAS yang didanai oleh AIDAB, CIDA, ADB, BS-LPTK dan PGSM. Melalui proyek CTAB, sejak tahun 1996, UNTAD telah menerima tenaga-tenaga akademik baru yang telah menyelesaikan studi S2 di ITB dan UGM. Tenaga akademik MIPA yang ada juga senantiasa berupaya meningkatkan kemampuan diri, antara lain dengan mengikuti pendidikan strata dua (S2) baik di dalam maupun di luar negeri. Mulai tahun 1997 tenaga-tenaga akademik yang mengikuti studi di dalam dan diluar negeri telah berhasil menyelesaikan studinya.

Berdasarkan kondisi di atas, dalam Rencana Strategis dan Hasil Rapat Kerja tahun 1999/2000 UNTAD telah mencanangkan pendirian Fakultas MIPA. Rencana tersebut diperkuat melalui kegiatan Seminar dan Lokakarya pada bulan Agustus 1999 dalam rangka Dies Natalis XVIII UNTAD, yang merekomendasikan pendirian Fakultas MIPA. Pada akhirnya, dalam rapat Senat UNTAD tanggal 4 April 2002 telah diputuskan bahwa pendirian Fakultas MIPA sudah sangat diperlukan dalam upaya memberdayakan UNTAD untuk maju, berkembang dan bersaing dengan perguruan tinggi lainnya baik secara nasional maupun internasional.

Sebagai embrio Fakultas MIPA pada tahun 2001 telah berdiri Jurusan/Program Studi Fisika sesuai SK Dirjen Dikti No.005/Dikti/Kep./2001, tahun 2003 dibuka Program Studi Matematika melalui SK. Dirjen Dikti No. 700/D/T/2003 dan tahun 2004 dibuka Program Studi Kimia sesuai SK Dirjen Dikti No. 685/D/T/2004 serta Program Studi Biologi yang mendapat proyek TPSDP telah dibuka pada tahun Akademik 2006 sesuai perjanjian dengan proyek TPSDP dan telah disahkan dengan SK Dirjen DIKTI No.3743/D/T/2006.

Pada tahun 2005 Program Studi Matematika ditingkatkan statusnya menjadi Jurusan Matematika sesuai dengan SK. Dirjen Dikti No.41/DIKTI/Kep/2005 tanggal 23 Agustus 2005. Pada tahun 2008 dibuka dua Program Studi yaitu Program Studi Pendidikan Dokter sesuai SK Dirjen Dikti No. 2124/D/T/2008 dan Program Studi Kesehatan Masyarakat sesuai SK Dirjen Dikti 4686/D/T/2008. Sedangkan Program Studi Farmasi dibuka sesuai Keputusan Mentri Pendidikan Nasional No. 71/D/O/2010. Sekarang ini FMIPA UNTAD memiliki 7 Program Studi yaitu Fisika, Matematika, Kimia, Biologi, dan Farmasi.

Jurusan/Program Studi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam memiliki 6 program studi antara lain :
1. Jurusan Fisika
2. Jurusan Matematika
3. Jurusan Kimia
4. Jurusan Biologi
5. Jurusan Farmasi
6. Jurusan Statistik

 

Leave a Comment

*

*