PKKMB FMIPA 2024: MENUMBUHKAN JIWA BERWIRAUSAHA DAN SEMANGAT MAJU UNTUK MAHASISWA BARU

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNTAD sukses melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2024. Keadaan cuaca mendung tidak menyurutkan semangat para mahasiswa baru untuk tetap antusias menjalani kegiatan PKKMB dihari kedua. Kegiatan ini diikuti oleh 458 orang mahasiswa baru dari masing-masing prodi di FMIPA.

Sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini, maba FMIPA Untad mendapatkan materi inspiratif dari apt. Reni Septiana, S.Farm., M.Kes, pemilik Chickenbim yang merupakan bagian dari Bimgrup, tempat makan populer di Kota Palu. Dalam materinya, ia mengajak maba untuk menggali potensi diri dan memulai usaha dari hal-hal sederhana yang disukai. Untuk dapat memulai usaha, beliau memberi tips hal yang pertama kali dapat dilakukan ialah dapat melihat peluang sekecil apapun, kemudian mampu melihat pasar, dan yang paling penting adalah mampu membangun relasi. Ia juga menekankan pentingnya fokus pada 4M dalam berwirausaha, yaitu Memulai, Menjalankan, Mengembangkan, dan Mempertahankan. Kegiatan ini berlangsung seru, mahasiswa baru sangat antusias menyimak dan menjawab pertanyaan dari pemateri.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama (Dr.sc.agr. Aiyen, M.Sc.)

Materi selanjutnya dalam rangkaian kegiatan PKKMB FMIPA 2024 adalah sosialisasi terkait beasiswa dan magang luar negeri oleh Dr.sc.agr. Aiyen, M.Sc selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama. Hal ini sebagai bentuk komitmen Untad dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan meraih prestasi tidak hanya ditingkat nasional tetapi juga internasional. Motivasi yang beliau berikan kepada mahasiswa baru agar mahasiswa baru memiliki semangat untuk maju dan bersaing. Karena maba merupakan generasi baru sehingga diharapkan memiliki kualitas yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Hal tersebut dapat dicapai dengan manajemen dan disiplin waktu yang baik dalam menjalankan studi. Beliau berpesan kepada mahasiswa baru untuk mengasah kemampuan belajar Bahasa asing karena hal ini menjadi salah satu skill penting yang harus dimiliki dan mindset tanggung jawab perlu di tumbuhkan sedini mungkin. Dalam materinya beliau menyampaikan terkait salah satu beasiswa luar negeri yang dapat diikuti oleh mahasiswa yaitu beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Secara umum IISMA adalah program beasiswa yang memberikan pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri.

Penutupan Kegiatan PKKMB FMIPA 2024

Kegiatan ditutup oleh Bapak Dekan FMIPA. “Mulai saat ini mahasiswa baru FMIPA harus bisa bersungguh-sungguh agar dapat menyelesaikan studinya dengan baik selama 4 tahun. Kami berpesan juga kepada mahasiswa baru untuk memilika etika berkomunikasi terhadap dosen, staff, kakak tingkat dan teman sejawat. Semoga materi yang diberikan dapat dipahami dan diaplikasikan selama kuliah” tutup bapak Dekan.

Natia Aini dari prodi Fisika salah satu peserta PKKMB mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan selama dua hari ini sangat bermanfaat dan banyak sekali ilmu yang didapatkan. “Kegiatannya keren dan seru karena ada juga games-gamesnya jadi tidak bosan. Pematerinya keren-keren semua, materinya juga sangat bermanfaat sekali apalagi materi yang hari ini” tuturnya.

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *