Inovasi 2 tim Prodi Kimia FMIPA Untad dalam Program Innovilage dan Riset Sawit

FMIPA Untad memperoleh prestasi luar biasa yang ditorehkan oleh 2 tim mahasiswa yang berasal dari Jurusan Kimia program Studi S1 kimia, yang berhasil lolos dalam seleksi Program Innovilage dan Riset sawit.

Innovilage adalah sebuah kompetisi sociopreneurship di bidang teknologi digital yang ditujukan untuk mahasiswa di seluruh Indonesia. Program ini merupakan salah satu implementasi nyata dari tri dharma Perguruan Tinggi, poin pengabdian masyarakat. Pada program ini, Universitas Tadulako yang diwakili oleh Mahasiswa FMIPA, yang dibimbing oleh Dr. Bambang Sardi, memperoleh penghargaan sebagai Runner Up Stunting Reduction Solution dalam Social Project Innovillage Tahun 2023 mengalahkan Tim-Tim lain yang berasal dari berbagai daerah.

Asad dan Tim

Asad Maulana, Muh. Rafiq Amiluddin, dan Asri Wulandari memiliki inovasi yang dituangkan dalam dasar ilmu yang menjadi awal perjuangan mereka di program Innovilage ini dengan mengangkat judul rancangan program “COMO-FL: Inovasi Fruit Leather Berbasis Buah Kelapa Dan Daun Kelor Sebagai Pencegahan Stunting Melalui Digital Sociopreneurship Mewujudkan Desa Ekonomi Kreatif”. Melalui judul tersebut mereka mengimplementasikannya di desa Binangga, kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi.

Tim Riset Sawit FMIPA

Disusul Tim lain berasal dari fakultas yang sama pula Tim riset sawit yang beranggotakan 4 orang berhasil lolos pendanaan riset sawit. Kompetisi bergengsi Lomba Riset Sawit Tingkat Mahasiswa adalah program Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit dalam rangka peningkatan penelitian dan pengembangan Kelapa Sawit yang berkelanjutan yang ditujukan untuk Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Indonesia.

Seperti tahun sebelumnya, Tim dari Prodi Kimia Kembali menunjukkan capaian di Tingkat nasional. Tim yang berisikan Mohammad Lutfi, Fadlia azzahra, Felix Kristianto pomuruh, Hizra nur rahmadina, dan Gemaliany Pilo Manggau berhasil menciptakan inovasi TABIS (TAHU BIS): INOVASI TAHU KAYA PROTEIN BERBAHAN LIMBAH BUNGKIL INTI SAWIT. Melalui inovasi tersebut, Tim ini berhasil meraih pendanaan dan menunggu pelaksanaan penilaian pada bulan Agustus Tahun ini. kita dukung dan doakan, emoga sukses menuntaskan kompetisi ini dan meraih prestasi lebih tinggi.

Atas raihan ini FMIPA Untad kembali menorehkan prestasi sebagai salah satu fakultas pusat inovasi baik di jajaran Universitas maupun Nasional.

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *