“Menyambut Calon Mahasiswa Baru 2024, Sosialisasi dan Promosi Prodi di FMIPA sembari menyapa Alumni”

Bulan Desember 2023 dan Januari 2024, adalah waktu yang tepat untuk mengenalkan Prodi Fmipa kepada siswa kelas XII, terutama di wilayah Sulawesi Tengah. Periode ini adalah masa dimana Siswa kelas XII sebagai calon mahasiswa mempertimbangkan untuk memilih Program Studi/Jurusan sebagai tempat untuk menimba ilmu menyiapkan masa depan mereka, sebagai generasi emas Indonesia. Penerimaan Mahasiswa baru PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) th 2024 dilaksanakan oleh SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru). Informasi Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Program Diploma Tiga, Diploma Empat (Sarjana Terapan), Dan Sarjana Tahun 2024 dapat diakses lebih lanjut melalui tautan: https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Seperti pada tahun sebelumnya, penerimaan Mahasiswa baru yang sudah mulai berjalan ini, dapat diikuti melalui 3 jalur yaitu: 1) Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, 2) Seleksi nasional Berdasarkan Tes dan 3) Jalur Seleksi Mandiri.

Menyadari pentingnya memberikan informasi secara utuh tentang Prodi di Fmipa dan potensi masa depan, civitas akademika-dosen dan mahasiswa, telah turut serta melaksanakan sosialisasi dan promosi kepada calon mahasiswa di berbagai sekolah dan di berbagai daerah. Tim dari prodi Teknik Geofisika, mengirimkan dosen dan mahasiswa telah melaksanakan sosialisasi di beberapa sekolah, diantaranya di SMA Negeri Harmoni Poso. Tim dari Prodi Kimia, disela kegiatan pengabdian Dosen, juga turut memperkenalkan prodi Unggul Kimia di beberapa sekolah di kab Sigi, diantaranya SMAN 2, SMAN 3, SMAN 7, SMAN 8, dan SMAN 9 Sigi (https://teraskabar.id/prodi-s1-kimia-fmipa-untad-sosialisasi-dan-pengabdian-masyarakat-di-sigi-kuliah-di-kimia-mahal/). Prodi lain di lingkup Fmipa, secara rutin-setiap tahun telah melaksanakan kegiatan Pengabdian dan Sosialisasi diberbagai sekolah. Tahun ini Tim dari Fmipa yang sedang melaksanakan tugas Sosialisasi dan Promosi SNPMB juga berkesempatan memperkenalkan 7 prodi di Fmipa, ke berbagai sekolah Di Kab banggai, Kab. Banggai kepulauan dan Kab. Banggai Laut. Walau selama ini selalu ada Mahasiswa dari berbagai daerah, tetapi masih dipandang perlu untuk melakukan kegiatan sosialisasi dan update informasi tentang perkembangan di Fmipa. Cara ini terasa lebih effective, karena bisa membantu calon mahasiswa mempertimbangkan Prodi yang akan dipilih dan strategi menentukan Jalur Pendaftaran masuk PT.

Sosialisasi Prodi Teknik Geofisika di SMA Negeri Harmoni Poso.
Pengabdian dan Sosialisasi Prodi Kimia di SMA Sigi

Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui, sambil melaksanakan pengabdian, tim sosialisasi dan promosi dari Fmipa, juga berkesempatan menyapa para alumni Fmipa yang berkarier di daerah dalam kegiatan Alumni gathering. Menjaga silaturahmi dengan alumni adalah bagian penting bagi Program Studi di era sekarang. Program studi di Fmipa sangat sadar, tidak hanya bisa menghantar mahasiswa menjadi Sarjana, tetapi juga harus mampu mendukung mereka untuk berkarya di berbagai bidang di tengah masyarakat. Suatu hal yang membanggakan, Ketika bertemu dengan alumni Fmipa, juga berbagi semangat dan pengalaman di bidang pekerjaan masing-masing. Banyak dunia kerja yang terbukti bisa menerima alumni Fmipa dari berbagai bidang studi. Walau kadang harus pergi jauh dari kampung halaman dan terpisah oleh lautan, mereka bisa bekerja sebagai Dosen di PT (setelah menyelesaikan studi magister), bekerja sebaga Guru  di beberapa sekolah di Luwuk-Banggai, sebgai aparatur sipil negara di berbagai kantor dan dinas di pemerintahan, di berbagai Perusahan, serta beberapa bergabung sebagai aktivis di bidang lingkungan. Semangat mereka untuk meniti karier dan mengabdi pada nusa dan bangsa “Insan Tadulako Berkarya Untuk Negeri”- perlu dijadikan contoh untuk adik adiknya yang sekarang sementara berjuang mencapai gelar Sarjananya di Fmipa.

Sosialisasi dan promosi SNPMB Th 2024 dan pengenalan Prodi Fmipa di kab. Banggai, Kab Banggai Kepulauan dan Kab. Banggai Laut

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *