Membangun Kerjasama antara Prodi dan Dunia Usaha untuk Mahasiswa Siap Kerja

(Prodi Kimia dan Teknik Geofisika aktif mengenalkan Dunia Usaha dan Industri kepada Mahasiswa)

Memanfaat waktu di sela Semester Ganjil dan Genap TA 2023/2024, prodi Kimia dan Teknik Geofisika bekerja cepat untuk mengembangkan dan mengisi Kerjasama dengan dunia usaha. Prodi/Jur. Kimia melaksanakan kunjungan magang di PT. Citra Palu Mineral (CPM), serta Prodi Teknik Geofisika membuka Kerjasama untuk kegiatan yang menunjang aktivitas akademik dengan PT. Poso Energy, pengelola PLTA Sulewana.

Tim Magang Mandiri di PT Citra Palu Mineral

Di bulan Januari tanggal 9 tahun ini, Tim Magang mandiri dari Prodi Kimia telah berkunjung ke PT. CPM. Dengan melibatkan 5 mahasiswa dan didampingi oleh Dosen Pembimbing Dr. Ruslan, S.Si., M.Si.  Tim Kimia ini pada saat kunjungan telah diterima dengan baik oleh Manager Departemen Metallurgy, Bp. Ramces Hutasoit. Pimpinan CPM selain menyambut dengan baik, juga sangat berharapan agar Jumlah mahasiswa kimia yang magang di CPM semakin bertambah dari waktu ke waktu. Senada dengan hal ini, Kajur Kimia FMIPA akan mendorong mahasiswa untuk beraktivitas di luar Prodi dan memanfaatkan kesempatan di dunia Usaha dan dunia Industri seperti di CPM. Sehingga kegiatan tersebut dapat direkognisi sebagai Mata Kuliah, dan sebagai capaian IKU Mahasiswa beraktivitas di luar kampus. Diharapkan mahasiswa setelah magang memiliki tambahan keterampilan sesuai kompetensi mahasiswa kimia.

Peserta Praktek Kerja Ilmiah di PLTA Poso Energy

Di kesempatan berbeda, Prodi Teknik Geofisika juga melakukan kunjungan, ke PLTA PT. Poso Energy. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 13 Januari 2024, dengan membawa misi untuk menyiapkan Perjanjian Kerja Sama (PKS), agar Kerjasama dilakukan secara terprogram dan berkelanjutan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan bekal pada mahasiswa tentang pentingnya Ilmu Geofisika yang dapat diimplementasikan pada industri PLTA, serta memberi kuliah lapang untuk MK terintegrasi (MK. Geologi Geofisika, Eksplorasi Geofisika, dan Manajemen Eksplorasi). Dibimbing langsung oleh para dosen senior, Ir. Drs. Abdullah, M.T., Dr. Ir. Rustaan Efendi, S.Si. M.T., dan KoProdi Ir. Muhammad Rusli S.Si. M.Si., dan dibantu oleh peserta kunjungan yang berjumlah 45 orang mahasiswa, diterima dengan hangat oleh pimpinan PLTA PT. Poso Energy (Ir. Enalvi Sulu Parea, M.T., M ikhsan. M.Psi. Ir. Darwin).

Pada kesempatan ini managemen PLTA Poso Energy sangat mendukung dengan rencana Kerjasama yang bermanfaat untuk para mahasiswa Fmipa, khususnya Prodi Teknik Geofisika. Mereka sangat berterimakasih atas kunjungan ini, dan berencana melakukan kunjungan balasan ke Untad untuk penandatanganan PKS, serta untuk mendengar lebih seksama apa yg dibutuhkan untad. 

Saat ini kegiatan yang mendekatkan langsung mahasiswa ke dunia industry dan dunia usaha, sangat dikembangkan, termasuk di FMIPA. Dekan selalu mendukung penuh kegiatan seperti ini, sehingga bisa meningkatkan kualitas lulusan sesuai bidang keahlian masing-masing dan sesuai harapan pengguna lulusan di dunia kerja.

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *