7 Mahasiswa Ikuti Seleksi Pilmapres FMIPA UNTAD, Berikut Prestasinya

FMIPA UNTAD. Sebanyak 7 mahasiswa perwakilan dari setiap prodi lingkup FMIPA mengikuti seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat Fakultas yang digelar secara online pada Senin (17/5/21). Mahasiswa tersebut adalah Yayang Matira, Abd Rahmat Sapa, Nurul Fazharia, Arif Ahmadi, Agrian Candrika Utami, Rian Aristiawan, dan Syaprudin Penda.

Selain memiliki Indeks Prestasi Kumulatif di atas 3.5 dan kemampuan public speaking yang baik, seluruh peserta Pilmapres tingkat Fakultas merupakan mahasiswa terpilih dengan berbagai capaian unggulan mulai dari karir dalam berorganisasi hingga berbagai prestasi tingkat Nasional.  

Yayang Matira Perwakilan  Statistika

Mahasiswa yang memiliki hobi membaca ini pernah menjadi finalis dalam kompetisi Nasional pada Statistics Festival UGM 2021, peserta Olimpiade Nasional Statistika, dan peserta Visualisasi Data Menggunakan R (Studi Kasus DataCovid-19) di Institut Pertanian Bogor. Yayang juga berhasil mempublikasikan jurnal ilmiahnya pada Konferensi Nasional Ilmu Komputer 4 Edisi Covid-19. Tak hanya sampai disitu, Yayag turut mengikuti beberapa organisasi yaitu sebagai volunteer Forum Indonesia Muda, serta anggota Bidang Counseling Himpunan Mahasiswa Statistika FMIPA UNTAD

Abd Rahmat Sapa Perwakilan Biologi

Memiliki IPK 3.77 tidak membuat Abd. Rahmat Sapa merasa puas akan prestasinya. Mahasiswa yang memulai kuliahnya di Program Studi Biologi pada tahun 2018 ini berhasil memperoleh penghargaan tingkat nasional sebagai Juara 3 pada kegiatan Creativity in Campus Competition 2020 yang diselenggarakan oleh Universitas Sari Mulia Banjarmasin

Nurul Fazrharia Perwakilan Statistika

Mahasiswi yang duduk dibangku perkuliahaan semester lima ini cukup aktif di berbagai kegiatan kampus.Tidak mengherankan jika Nurul Fazrharia pernah berkarier di beberapa organisasi  seperti bendahara kegiatan LKM HIMASTIKA FMIPA UNTAD, sekretaris Divisi MPF HIMASTIKA periode 2021, dan anggota Bidang Badan Usaha IHMSI Wilayah V Periode 2021-2022

Arif Ahmadi Perwakilan Kimia

Sejak tahun 2011, Arif Ahmadi banyak meraih penghargaan yang patut dibanggakan. Penghargaan tersebut diantaranya adalah pemenang Lomba Pidato se Sulawesi tengah tahun 2011 dan 2012, Runner Up Olimpiade Bahasa Inggris Wilayah Poso tahun 2013, , Runner Up Olimpiade Fisika se Sulawesi tengah tahun 2014, , Runner Up pada Olimpiade Kimia se Sulawesi Tengah ditahun 2015-2016, dan , Runner Up Olimpiade Pertamina Bidang Kimia. Tak hanya itu, Mahasiswa dari prodi Kimia ini mampu menguasai berbagai Bahasa asing seperti Bahasa inggris, Jerman, hingga Mandarin.

Agrian Candrika Utami Perwakilan Teknik Geofisika

Mahasiswi Teknik Geofisika yang memiliki IPK 3,82 ini menekuni hobi di bidang desain grafis. Dalam berorganisasi Ia selalu memegang tanggung jawab yang berkaitan dengan multimedia. Ia pernah tercatat sebagai Koordinator Bidang Informasi dan Komunikasi  Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika, PanitiaDivisi Multimedia pada kegiatan WEBINAR PEDULI “Kiat-kiat Memilih  Topik Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Geofisika”, Panitia Divisi Multimedia pada kegiatan Pengenalan Anggota HMTGF, Panitia Divisi Multimedia pada Mubes ke II HMTGF, serta Panitia Divisi Publikasi dan Dokumentasi Dies Natalis Ke 1 HMTGF.

Rian Aristiawan Perwakilan Biologi

Sebagai mahasiswa Biologi, Rian banyak terlibat di berbagai kegiatan himpunan dan organisasi lain. Adapun karir organisasi yang pernah dicapai seperti menjabat sebagai ketua umum Himpunan Mahasiswa Biologi FMIPA UNTAD, ketua panitia Edukasi Mahasiswa Baru Biologi, Anggota Seksi Humas dan Dokumentasi Biosimposium Jurusan Biologi FMIPA, serta koordinator perlengkapan kegiatan HMB Mengabdi yang bertema “Menanam Asa di Pedalaman Sigarongga”. Selain aktif organisasi, Rian juga meraih IPK 3,80 dan mendapat penghargaan dalam ajang bergengsi sebagai Juara III Lomba Debat Bahasa Inggris pada kegiatan Creativity in Campus Competition 2020 Universitas Sari Mulia Banjarmasin.

Syaprudin Penda Perwakilan Fisika

Berbagai penghargaan dalam ajang Nasional berhasil diraih oleh Syaprudin diantaranya peraih medali emas pada Kompetisi Sains Indonesia bidang Bahasa Inggris, peraih medali perak pada Olimpiade Sains Mahasiswa bidang Bahasa Inggris, serta peraih medali perunggu pada kompetisi bidang Fisika tingkat Mahahasiswa dan guru se Indonesia. Meski telah meraih IPK 3,94, Ia tetap aktif dalam kegiatan pemberdayaan dan organisasi seperti sebagai pemrakarsa Bazar Buku Gratis di salah satu desa Kabupaten Banggai, Koordinator Physics English Community HIMAFI FMIPA UNTAD, dan Anggota Divisi Mandri Financial Badan Riset FMIPA UNTAD.

Sebelumnya, Pilmapres merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai bentuk apresiasi kepada mahawasiswa terbaik dari perguruan tinggi yang siap menjadi agen perubahan Indonesia.

Selaku ketua panitia, Dr.Erwin mengatakan bahwa penyeleksian Pilmapres tingkat FMIPA didasarkan pada indikator penilaian yang meliputi portofolio prestasi, penilaian gagasan kreatif, serta kemampuan peserta dalam berbahasa inggris. Kemudian juri akan menentukan tiga pemenang yang akan diutus mewakili FMIPA pada seleksi tingkat Universitas Tadulako.

“Seleksi pertama dilakukan oleh prodi dengan memilih dua mahasiswa, selanjutnya pada tingkat FMIPA dilakukan seleksi dengan indikator berupa penilaian portofolio prestasi mulai dari tingkat fakultas hingga tingkat nasional. Indikator selanjutnya adalah penilaian karya tulis mereka, dan yang terakhir adalah penilaian kemampuan berbahasa inggris. Kemudian dari hasil penilaian akan dipilih tiga mahasiswa  yang mewakili  Fakultas untuk berkompetisi di tingkat Universitas”

Adapun ketiga mahasiswa yang terpilih sebagai pemenang seleksi Pilmapres tingkat FMIPA adalah Syaprudin Penda dari prodi fisika (Peringkat 1), Yayang Matira dari prodi statistika (Peringkat 2), dan Rian Setiawan dari prodi biologi (Peringkat 3).

(Uci/FMIPA)

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *