“Diskusi Pelaksanaan Program Merdek Belajar Kampus Merdeka Bidang Biologi di Indonesia”

[FMIPANEWS]10-10-2020. Dalam semangat bersama melaksanakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Prodi Biologi Fakultas MIPA Universitas Tadulako bersama 32 Prodi Biologi/Bioteknologi/Biosains dari berbagai universitas di Indonesia yang merupakan anggota  Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI), telah berkoordinasi dan menyiapkan kolaborasi implementasi MBKM pada hari Sabtu 10 Oktober 2020 dalam sebuah diskusi yang diinisiasi oleh Fak. Biologi Universitas Jenderal Soedirman. “Diskusi Persiapan Implementasi MBKM” dibuka dan dipimpin oleh Fak. Biologi Unsoed, Prof. Dr. rer.nat. Imam Widhiono MZ, M.S. tersebut diikuti oleh 73 peserta yang berasal dari berbagai Fak MIPA/Fak Sains dari berbagai Universitas dari Sabang sampai Merauke.  Peserta dari Univ. Tadulako, diwakili oleh wadek akademik, kajur dan sekjur Biologi, dan dipimpin langsung oleh Dekan FMIPA, Ibu Darmawati Darwis, S.Si., M.Si., PhD.

Issue pokok yang dibahas pada diskusi ini adalah, menyiapkan Kerjasama antar Perguruan Tinggi, Antar Fakultas dan antar Prodi dalam melaksanakan program MBKM mulai semester depan (semester Genap TA 2020/2021).  Dalam kesempatan ini juga telah dilakukan sharing ide pengembangan kurikulum yang mengadopsi Program MBKM, termasuk yang disampaikan oleh Prof. Indra Junaidi dari Jurusan Biologi Fak. MIPA Universitas Andalas, Dr. Dian Bhagawati, dari Prodi Biologi Unsoed, dan Asri Peni Wulandari, M.Sc., Ph.D. dari Dept. Biologi Univ. Padjajaran. Sebagai kesepakatan tambahan dalam akhir diskusi, kerjasama MBKM akan dilaksanakan tidak hanya dalam bentuk pertukaran mahasiswa, tetapi akan diperluas dalam berbagai aspek Tridarma Perguruan Tinggi.

Dekan FMIPA Untad, menyampaikan apresiasi kepada Ketua Jurusan Biologi, Dr. Annawaty yang telah sigap, terlibat dalam kegiatan bersama pada skala nasional untuk menyelesaikan kesulitan dalam implementasi program MBKM di FMIPA, khususnya Prodi Biologi. Saat ini, Prodi Biologi FMIPA UNTAD  tengah mempersiapkan Perjanjian Kerjasama (PKS) antar fakultas dan antar Prodi yang terlibat dalam kegiatan ini. Diharapkan mulai semester depan, Prodi/Jur Biologi dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendorong mahasiswanya turut melaksanakan program MBKM Bersama-sama dengan Prodi Biologi lainnya di seluruh Indonesia (INS).

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *