FMIPA UNTAD Gelar MIPAnet School Ke 2

Sambutan oleh Dekan Fakultas MIPA Universitas Tadulako Darmawati Darwis, PhD

[MIPANews] 15 September 2020. Selama lima hari penuh dari tanggal 10 hingga 14 September 2020, FMIPA telah sukses melaksanakan dengan sukses program MIPAnet School bagian ke-2 dengan tema “Biosystematic: Theory and Practice in Botany and Zoology”. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama melalui jaringan MIPAnet Indonesia sekaligus sebagai implementasi program Kemendikbud “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” dengan bobot setara 2 SKS.

Pembukaan MIPAnet School oleh Sekretaris exekutif MIPAnet, Prof. Dr. Iskhaq Iskandar dari Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya

Kegiatan ini yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Eksekutif MIPANet Prof. Iskhaq Iskandar (Universitas Sriwijaya) Palembang, dengan jumlah peserta sebanyak 45 orang mahasiswa dari 7 Universitas/PT di Indonesia, termasuk Univ. Tanjungpura, Univ. Mulawarman, Univ. Brawijaya, Univ. Mataram, Univ. Palangkaraya, dan Univ. Tadulako sebagai penyelenggara.  Materi yang dipelajari selama 5 hari ini disajikan oleh 3 pemateri, yaitu Prof. Dr. Ramadhanil Pitopang, Dr. Annawaty dan Dr. Islamul Hadi. Ketiga pemateri yang kompeten di bidangnya ini, dapat dilihat dari publikasi yang dihasilkan di bidang masing-masing.  Prof. Dr. Ramadhanil Pitopang menyajikan materi dalam Biosistematika Tumbuhan khususnya Genus Calamus di Zona Wallacea”, termasuk juga sejarah terbentuknya kawasan yang kaya akan keanekaragaman biota ini. Pemateri selanjutnya, Dr. Annawaty menyampaikan keanekaragaman fauna Crustacea, khususnya biodiversitas Udang Air Tawar serta Proses Pemberian Nama Ilmiah pada Spesies Baru.  Materi mengenai Pengenalan Sistem Kelompok Sosial pada Primata serta Prilaku Macaca disampaikan dengan Dr. Islamul Hadi, dari Univ. Mataram.

Materi dari para narasumer telah membuka wawasan baru bagi mahasiswa peserta, yang tampak pada antusiasme mereka dalam mengikuti presentasi, berdiskusi dan evaluasi.  Semoga kegiatan ini makin meningkatkan minat para calon ilmuwan muda Indonesia di waktu yang akan datang untuk mengkaji Biodiversitas Indonesia yang sangat kaya namun masih banyak yang belum tersentuh oleh penelitian.

Dengan suksesnya pelaksanaan MIPAnet school ini, dekan FMIPA memberikan apresiasi yang tinggi kepada Jur. Biologi yang telah menjadi motor penggerak pelaksanaan, kepada para pemateri yang telah dengan semangat membagi ilmu pengetahuan dan sepirit untuk ilmuwan muda, kepada para moderator, panitia dan seluruh pendukung kegiatan. Terimakasih telah berperan dalam menyebarluaskan kelebihan Univ. Tadulako, khususnya FMIPA dalam studi Biosistematik Hewan dan Tumbuhan. (Annawaty)

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *