MAHASISWA FMIPA RAIH JUARA DALAM KOMPETISI KREATIVITAS MAHASISWA NASIONAL

FMIPANEWS. Pandemi bukan menjadi penghalang bagi mahasiswa untuk mengukir prestasi atau melakukan inovasi. Salah satu contohnya turut mengikuti berbagai kompetisi. Kompetisi Kreativitas Mahasiswa Nasional (KKMN) Tahun 2020 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada. Mengusung tema “Kreativitas  Menghadapi New Normal”, kegiatan tersebut terlaksana mulai dari 10-15 Juni 2020 dan pengumuman lomba pada tanggal 15 Agustus 2020.

Muhammad Akriyaldi Masdin, mahasiswa Prodi Statistika FMIPA UNTAD yang turut menuangkan ide dalam KKMN berhasil menjadi Juara Favorit Klaster Sulawesi pada cabang lomba gagasan tertulis. Berjudul “Potensi Flavonoid Pada Ekstrak Daun Jambu (Psidium guajava) dan Kulit Jeruk (Citrus Sp.) Sebagai Penghambat Enzim ACE-2 Pada Virus Corona”, Akriyaldi mengemukakan bahwa gagasan tersebut merupakan gabungan dari kedua ilmu yaitu ilmu farmasi dan ilmu statistika. Akriyadi juga mengatakan bahwa tulisanya tersebut berangkat dari permasalahan saat ini, dimana jumlah pasien terkena covid semakin bertambah sehingga perlu solusi untuk menekan angka penularannya.

“ilmu statistika saya gunakan untuk menggambarkan data kondisi jumlah yang terkena covid semakin bertambah sehingga dari masalah itu sy butuh solusinyaa. Sekarang obat COVID-19 masih dalam proses penelitian dan potensi bahan alam juga sama dengan senyawa kimia punya reseptor yang bisa menghambat pertumbuhan COVID-19, jadi dari beberapa tanaman yg memiliki senyawa potensial untuk menghambat reseptor virus covid-19 yaitu Angiotensin Converting Enzyme-2 (ACE-2) tanaman jambu biji ( Psidium guajava ) dan tanaman jeruk ( Cirtus Sp. )” Ungkapnya. (UCI/FMIPA)

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *