No | Sasaran | Indikator Risiko (Indikator Kinerja) | Kegiatan Penanganan Risiko |
1 | [S1]Meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi | [IKU.1] Persentase lulusan S1, S2 dan Profesi yang berhasil mendapat pekerjaan; melanjutkan studi; atau menjadi wiraswasta. | a. Uji sertifikasi kompetensi keahlian mahasiswa b. pemenuhan sarana dan prasarana laboratorium c. Temu dan sharing alumni, Penguatan Tracer Study |
2 | [S1]Meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi | [IKU.2] Persentase Mahasiswa S1 yang menghabiskan paling sedikit 20 (dua puluh) sks di luar kampus; atau meraih prestasi paling rendah tingkat nasional. | Sosialisasi program MBKM kementrian, international student mobility dengan mitra; Peningkatan Prestasi mahasiswa |
3 | [S1]Meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi | [IKU.3] Persentase dosen yang berkegiatan tridarma di kampus lain, di QS100 berdasarkan bidang ilmu (QS100 by subject), bekerja sebagai praktisi di dunia industri, atau membina mahasiswa yang berhasil meraih prestasi paling rendah tingkat nasional dalam 5 (lima) tahun terakhir | peningkatan implementasi PKS berupa join research, student mobility dan join supervisi |
4 | [S2]Meningkatnya kualitas dosen pendidikan tinggi | [IKU.4] Persentase dosen tetap berkualifikasi akademik S3; memiliki sertifikat kompetensi/profesi yang diakui oleh industri dan dunia kerja; atau berasal dari kalangan praktisi profesional, dunia industri, atau dunia kerja. | peningkatan kompetensi SDM |
5 | [S2]Meningkatnya kualitas dosen pendidikan tinggi | [IKU.5] Jumlah keluaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berhasil mendapat rekognisi internasional atau diterapkan oleh masyarakat per jumlah dosen. | peningkatan luaran penelitian dan pengabdian |
6 | [S3]Meningkatnya kualitas kurikulum dan pembelajaran | [IKU.6] Persentase Program Studi S1 dan D3 yang melaksanakan kerja sama dengan mitra. | peningkatan implementasi kerjasama dengan mitra |
7 | [S3]Meningkatnya kualitas kurikulum dan pembelajaran | [IKU.7] Persentase Mata kuliah S1 dan D3 yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis projek (team-based project) sebagai sebagian bobot evaluasi. | peningkatan implementasi CM dan TBP |
8 | [S3]Meningkatnya kualitas kurikulum dan pembelajaran | [IKU.8] Persentase Program studi S1 yang memiliki akreditasi atau sertifikat internasional yang diakui pemerintah. | Peningkatan akreditasi Program Studi |
9 | [S4]Meningkatnya tata kelola Satuan Kerja di lingkungan Ditjen Pendidikan Tinggi | Rata-rata predikat SAKIP unit kerja | Peningkatan kualitas perencanaan dan monitoring realisasinya |
10 | [S4]Meningkatnya tata kelola Satuan Kerja di lingkungan Ditjen Pendidikan Tinggi | Rata-rata nilai Kinerja Anggaran atas Pelaksanaan anggaran unit kerja minimal 80 | peningkatan kinerja,sarana prasarana dan tatakelola anggaran |
11 | [SR1]Tata Kelola Pendidikan | Ketersediaan kegiatan alumni bagi lulusan | temu dan sharing alumni |
12 | [SR1]Tata Kelola Pendidikan | Persentase kuliah Daring *) | sosialisasi pembatasan kuliah daring |
13 | [SR1]Tata Kelola Pendidikan | Pembukaan Program Studi S1/S2 | Pembentukan Prodi S2 kimia |
14 | [SR1]Tata Kelola Pendidikan | Waktu tunggu lulusan S1 yang mendapat pekerjaan | temu dan sharing alumni |
15 | [SR1]Tata Kelola Pendidikan | Jumlah Mhs yang ikut kegiatan Penciptaan Karakter Unggul, Budaya Akademik Kolaboratif, dan Kompetitif di Lembaga Pendidikan | peningkatan kerjasama dengan mitra MBKM |
16 | [SR1] Tata Kelola Pendidikan | Indeks Prestasi Kumulatif lulusan S1 | evaluasi kesesuaian CPL dan CPMK dalam pembelajaran |
17 | [SR2] Tata Kelola Penelitian | Jumlah HAKI | pendampingan pembuatan HAKI |
18 | [SR2] Tata Kelola Penelitian | Jumlah publikasi Internasional (scopus) | pendampingan penulisan publikasi internasional bereputasi |
19 | [SR2] Tata Kelola Penelitian | Dosen bersertifikasi pendidik | pendaftaran sertifikasi |
20 | [SR2] Tata Kelola Penelitian | Kualifikasi pendidikan dosen (%) S3/SP2 | Sosialisasi studi lanjut program doktor |
21 | [SR2] Tata Kelola Penelitian | Jumlah Profesor | pendampingan publikasi ke jurnal internasional bereputasi |
22 | [SR2] Tata Kelola Penelitian | Jumlah Peserta yang Mengikuti Hibah Peningkatan percepatan Professor | Sosialisasi percepatan gubes FMIPA |
23 | [SR2] Tata Kelola Penelitian | Jumlah Judul Penelitian Hibah | Peningkatan insentif publikasi |
24 | [SR3] Tata Kelola Daya Tampung | Persentase Prodi S1 akreditasi A | FGD akreditasi PS |
25 | [SR3] Tata Kelola Daya Tampung | Daya Tampung Mahasiswa Baru (S2) | Promosi peningkatan animo mahasiswa baru |
26 | [SR3] Tata Kelola Daya Tampung | Daya Tampung Mahasiswa Baru (S1) | Promosi peningkatan animo mahasiswa baru |
27 | [SR4] Tata Kelola Dosen | Jumlah Kegiatan Kerjasama Internasional | Peningkatan PKS |
28 | [SR4] Tata Kelola Dosen | Jumlah Dosen S2 | Peningkatan kualifikasi dosen magister |
29 | [SR4] Tata Kelola Dosen | Jumlah Dosen S3 | Peningkatan kualifikasi dosen magister |
30 | [SR5] Tata Kelola Kerjasama | Jumlah kegiatan Webinar Internasional dan Nasional | penyelenggaraan seminar nasional dan internasional |
31 | [SR5] Tata Kelola Kerjasama | Jumlah Mitra Kerjasama Internasional | Peningkatan PKS |
32 | [SR6] Tata Kelola Publikasi | Persentase Jumlah Mahasiswa Lulus Tepat Waktu | Sosialisasi penyelesaian tugas akhir tepat waktu |
33 | [SR6] Tata Kelola Publikasi | Jumlah Kegiatan hasil Diseminasi hasil penelitian (kolokium dll) Internasional atau nasional secara daring (minimal 1 kali dalam setahun) | penyelenggaraan seminar hasil penelitian di FMIPA |