FMIPA Untad melaksanakan “Workshop Pengelolaan E-Journal Rumpun MIPA Universitas Tadulako”

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan: Memberikan pemahaman terkait manajemen pengelolaan jurnal OJS 3 sesuai standar akreditasi nasional. Dan Memberikan tips, trik dan strategi untuk menembus peringkat nasional SINTA 2 dan 1 serta menembus peringkat/indeks di database internasional termasuk DOAJ, dengan narasumber, Dr. Miftahul Ilmi, Editor In Chief Journal of Tropical Biodiversity and Biotechnology (JTBB) dan sekaligus dosen di Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.  Peserta kegiatan ini adalah pengelola Journal di Lingkup FMIPA yang terdiri dari Editor in Chief, Associate Editor dan Technical Editors/Editorial Board dari 7 Journal yang dikelola FMIPA.

Kegiatan berlangsung dari jam 10:00 hingga 16:00 WITA, dibuka oleh dekan Fmipa (Prof. Darmawaty Darwis) dan dilaksanakan oleh tim panitia yang dikoordinasikan oleh Prof. Sulaiman Zubair (J. Galenika) dan Fahri, S.Si. M.Si (J. Natural Science). Workshop telah dilaksanakan dalam 2 sesi. Pada sesi pertama, disampaikan materi utama dan contoh pengelolaan Journal yang baik dan berorientasi Akreditasi. Selanjutnya, pada sesi 2 dilakukan bedah Journal, dengan tujuan untuk review status Journal saat ini dan menentukan Langkah lanjut sebelum masuk pengajuan Akreditasi. Journal yang dikelola FMIPA meliputi: 1) Galenika Journal of Pharmacy 2) Natural Science: Journal of Science and Technology 3) KOVALEN 4) Jurnal Ilmiah Matematika dan Terapan 5) Biocelebes 6) Gravitasi dan 7) Parameter, (https://bestjournal.untad.ac.id), diharapkan dapat lebih berkembang sebagai salah satu tolak ukur perkembangan Sain dan Teknologi di Fmipa di masa kini dan di masa yang akan datang.

Tindak lanjut dari kegiatan hari ini, diharapkan para pengelola journal untuk segera Kembali ke Dapur Jurnal masing-masing, melakukan perbaikan sesuai hasil workshop dan menyiapkan proses akreditasi sesuai target yang telah direncanakan di masing-masing jurnal. Dimulai dengan niat baik dan harapan baik, melalui cara yang baik, semoga semua Journal FMIPA dapat segera meningkatkan status Akreditasinya. Best wishes. (INS)

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *