Optimalisasi Layanan Dalam Rangka Meningkatkan Akreditasi Program Studi FMIPA UNTAD

20160215_121003  6  20160215_121244 20160215_121247 20160215_121251 20160215_121256

Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tadulako dalam usianya yang relatif muda (berdiri Agustus 2007) telah menunjukan eksistensinya sebagai salah satu Fakultas yang terdapat di Universitas Tadulako. Pada saat ini FMIPA terdiri atas 6 Prodi yaitu : Fisika, Matematika, Kimia, Biologi, Farmasi, Statistika dan Farmasi Non Reguler.

Tujuan Fakultas MIPA adalah :

  • Menyelenggarakan sistem pendidikan sains dan penerapannya yang menghasilkan kualitas lulusan yang bertaraf nasional.
  • Mengembangkan objek kajian sains dan penerapannya secara berkesinambungan hingga mencapai standar nasional.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia, peralatan, sarana prasarana guna mendukung pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.
  • Memperbanyak kerjasama dan memperbaiki mutu kerjasama dengan institusi domestik maupun intemasional untuk menopang peningkatan kemajuan kualitas SDM daerah.

Untuk meningkatkan mutu layanan serta Peningkatan Pemeringkatan Ranking Universitas Tadulako baik pada Skala Internasional ataupun Nasional, dimana saat ini Univ. Tadulako berada pada Kluster 30 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia (Websmatrik, 2016) dan peringkat 35 terbaik Indonesia, 3 terbaik Indonesia Timur (berdasarkan SK Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi), khususnya FMIPA pada saat ini yang dikomandoi oleh Dr.M.Rusydi Hasanuddin (Dekan) beserta unsur pimpinan lainnya seperti Prof. Dr. Ramadanil Pitopang, Msi (Wadek Bidak), Dr. Abdul Rahman, MSi (Wadek Biduk) dan Dr. Rustan Effendi (Wadek Bima) telah banyak memberi warna baru untuk perbaikan FMIPA ke depan. Selain perbaikan Jaringan IT (Information Technology) yang telah memberlakukan sistem pengisian Kartu Rencana Studi (KRS ) dan DPNA (Daftar Peserta Nilai Akhir) mata kuliah secara Online, juga dalam hal meningkatan pelayanan mutu akademik, seperti pemasukan DPNA tepat waktu.

            Pada tanggal 15 Februari 2016, hari Senin yang lalu telah diadakan kegiatan yang bertema :” Optimalisasi Layanan Dalam Rangka Meningkatkan Akreditasi Program Studi di Fakultas MIPA Universitas Tadulako” bertempat di Aula FMIPA yang dihadiri oleh Rektor Universitas Tadulako Prof. Dr. Ir. Muhammad Basir, MS, Prof. Dr. H. Hasan Basri, MA (Ketua Senat Guru Besar Universitas Tadulako), Prof. Dr. Ir. Mahfudz (Warek Biduk UNTAD), Prof. Dr. Jayani Nurdin (Warek Bima), Prof. Marry Napitupulu , PhD (Warek Kerjasama), Prof. Dr. Ir. Alam Anshary (Ketua Dewan Pertimbangan), dan Dr. Muhammad Nasir (Ketua SPI UNTAD). Selain itu juga dihadiri oleh beberapa Koordinator Prodi di Pascasarjana, Kepala UPT Natalita serta seluruh Dosen Internal/Eksternal di fakultas MIPA, Pegawai serta Ibu-ibu Darma Wanita FMIPA.

            Kegiatan ini diawali dengan pembacaan nama-nama Dosen yang berprestasi oleh Prof. Dr. Ramadanil Pitopang, Msi selaku Wakil Dekan Bidang Akademik serta pemberian “Reward” /penghargaan kepada Dosen yang paling cepat menyerahkan DPNA, kepada Program Studi yang tercepat penyerahan DPNA serta penghargaan kepada anggota Darma Wanita yang berdedikasi tinggi. Adapun Dosen yang berhasil mendapatkan anugerah dan reward untuk kegiatan ini adalah : Dosen internal tercepat memasukan DPNA adalah berturut-turut :

Fadjryani, Ssi, Msi, Iut Tri Utami, Ssi, Msi (Prodi Statistika), Fahri Ssi, Msi (Biologi), Jaya Hardi Ssi, Msi (Prodi Kimia), Nur,eni, Ssi, Msi (Prodi Statistika), Lilies Handayani, Ssi, Msi (Prodi Statistika) dan Aden Ginanjar Andanawati, S.Farm, MSi (Farmasi). Sedangkan untuk kategori Dosen Eksternal yang mendapatkan anugerah adalah Dr. Siti Rahma, SSi, MA, Dr. Herawati, MA dan Dr. Rosmala Nur, Msi. Untuk kategori Prodi tercepat rata-rata menyelesaikan DPNA diraih oleh Jurusan Biologi.

            Pada acara ini Dr. H. Muhammad Rusydi Hasanuddin selaku FMIPA pada saat ini melaporkan berbagai perbaikan Mutu Layanan Kemahasiswaan serta Rencana-rencana untuk meningkatkan Akreditasi Prodi di FMIPA. Seperti diketahui Prodi-prodi yang ada di FMIPA masih terakreditasi B tapi memiliki peluangterakreditasi A. Dalam kesempatan yang sama dilakukan juga penanugerahan kepada anggota Darmawanita FMIPA yang berdedikasi tinggi oleh Ketua Darma Wanita FMIPA Dr. Rosmala Nur. Msi. (By Ramadanil Pitopang)

Comments

comments

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *